Mohon tunggu...
Retno Setyorini
Retno Setyorini Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Universitas Telkom

belajar menulis untuk share sedikit ilmu yang dimiliki, kegiatan-keguatan pengabdian kepada masyarakt yang semoga dapat menginspirasi banyak orang.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Go-Digital: Pengembangan Potensi Usaha Kelompok Tani Wanita Melati Bojongmanggu

8 Januari 2024   15:43 Diperbarui: 8 Januari 2024   15:58 106
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Instagram dan Konten untuk KWT Bojongmanggu

Transformasi digital memaksa UMKM global untuk mengadopsi teknologi, terutama pemasaran digital. Namun, tidak semua UMKM memanfaatkannya sepenuhnya. Di Indonesia, keterbatasan sumber daya dan rendahnya keterampilan pemasaran menantang pertumbuhan UMKM. Pemasaran digital dan kapabilitas pasar membuktikan mempengaruhi kinerja, sementara rebranding menjadi strategi penting. Digital marketing, melalui media seperti web dan Instagram terbukti signifikan untuk pertumbuhan UMKM. 

Kelompok Wanita Tani (KWT) Melati, Bojongmanggu Kabupaten Bandung yang memiliki program dalam pembudidayaan dan pengolahan tanaman sorgum menjadi produk-produk konsumsi yang bernilai ekonomi tinggi dan sehat. Pemanfaatan teknologi diperlukan dalam memasarkan dan mejangkau pasar lebih luas lagi.

Pemanfaatan Web Profile untuk ReBranding dan Katalog Digital (doc pribadi)
Pemanfaatan Web Profile untuk ReBranding dan Katalog Digital (doc pribadi)

Di era digital saat ini, platform media sosial seperti Instagram telah menjadi alat yang penting bagi bisnis, terutama bagi UMKM yang ingin menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan kesadaran merek. Memanfaatkan Instagram untuk rebranding UMKM dan pemasaran media sosial dapat secara signifikan meningkatkan visibilitas dan keterlibatan dengan pelanggan potensial. Salah satu cara efektif untuk memanfaatkan Instagram untuk rebranding UMKM adalah dengan memposting konten visual berkualitas tinggi secara konsisten yang menampilkan produk atau layanan yang ditawarkan. Hal ini dapat mencakup fotografi produk profesional, sekilas di balik layar operasi bisnis, dan testimoni pelanggan. Dengan mempertahankan estetika visual yang kohesif dan bercerita melalui postingan, UMKM dapat membangun identitas merek yang kuat dan terhubung dengan audiens target mereka pada tingkat yang lebih pribadi.

Sosialisasi Pemanfaatan Web Profile untuk ReBranding dan Katalog Digital gambar (doc pribadi)
Sosialisasi Pemanfaatan Web Profile untuk ReBranding dan Katalog Digital gambar (doc pribadi)

Melalui Program Pengabdian kepada Masyarakat para akademisi Fakultas Komunikasi Bisnis dan Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom membantu KWT Melati, Bojongmanggu Kabupaten Bandung dalam mem branding usaha mereka. Branding dilakukan dengan pembuatan website profile KWT Melati dengan tujuan agar bisnis yang dilakukan terlihat lebih profesional, menjangkau pasar lebih luas, membangun engagement dengan konsumen, memberikan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat, dapat melayani konsumen kapan saja serta menghemat biaya promosi dan iklan.

Keterlibatan akademis dalam pengabdian masyarakat menjadi kunci untuk mempercepat penguasaan konsep pemasaran digital oleh UMKM, mendukung pertumbuhan sektor ini secara berkelanjutan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun