Mohon tunggu...
Retno Setyorini
Retno Setyorini Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Universitas Telkom

belajar menulis untuk share sedikit ilmu yang dimiliki, kegiatan-keguatan pengabdian kepada masyarakt yang semoga dapat menginspirasi banyak orang.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Digital Signage, Solusi Pemasaran di Saat Sulit

21 Januari 2023   04:56 Diperbarui: 21 Januari 2023   05:00 382
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Digital Signage adalah teknologi yang digunakan untuk menampilkan informasi visual, seperti gambar, video, dan animasi, pada layar digital. Teknologi ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) secara onsite.

Digital signage dapat menampilak gambar, video yang menarik hingga interaktif, hal ini tentu saja menguntungkan pelaku usaha dalam membantu memasarkan produknya.  Gambar serta video yang menarik tentunya akan menarik perhatian dan secara tidak langsung dapat mendorong penjualan bahkan terkadang terjadi impulse buying.

Disaat pasar sulit saat ini, digital signage dapat memaparkan pesan-pesan yang dapat membantu memperkuat citra perusahaan misalnya dengan logo serta desain yang disajikan. Penyajian konten secara interaktif dapat mempermudah pelanggan mengakses informasi produk UMKM dengan mudah dan meningkatkan engagement pelanggan.

UMKM perlu lebih responsif dalam menangapi perubahan situasi pasar yang dapat berubaah sewaktu-wakttu. Pemasaran real time dibutuhkan untuk menampilkan informasi real-time, sehingga UMKM dapat mengubah strategi pemasaran sesuai dengan perkembangan pasar seperti menyampaikan informasi produk terbaru, spesifikasi produk, serta promosi

Digital signage memperlihatkan lompatan kemajuan teknologi beberapa tahun belakang ini. Dari segi kemewahan dan estetika tampilan dalam layar membuaat produk menjadi terlihat berkelas, namun menghemat biaya dalam pemasaran. Sementara dari sisi pelangan pun akan diuntungkan dengan mengetahui semua informasi tentang produk yang ditawarkan.

Untuk UMKM dapat memanfaatkan Digital Signage sebagai inventaris teknologi yang paling berpengaruh dalam pemasaran menjadikan digital signage solusi cerdas meraih perhatian pelanggan. Teknologi didalamnya memungkinkan mengirimkan pesan ke tempat, waktu dan format konten yang tepat sehingga  dapat mempengaruhi penjualam, brand awarness serta pengalaman pelanggan .

kolase - dokpri
kolase - dokpri

Perkumpulan Pengusaha Kecil Menengah (PPKM)  saat ini berkolaborasi dengan tim Ko+Lab Fakultas Ilmu Terapan dan Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University. Dalam mendukung penguatan UMKM anggota, diperlukan sebuah media fisik yang dapat membantu UMKM dalam memasarkan produknya.

Pemanfaatan Digital Signage dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi UMKM dalam meningkatkan pemasaran produk mereka secara onsite. Namun, UMKM juga perlu memperhatikan faktor-faktor seperti biaya, desain, dan pemeliharaan dalam implementasi Digital Signage untuk mencapai hasil yang optimal.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun