Sosial media merupakan sarana baru bagi para pelaku bisnis untuk memperkenalkan bisnis mereka kepada masyarakat luas. Berbagai platform sosial media seperti Instagram, TikTok, Twitter, dan Facebook merupakan wadah baru bagi para pelaku bisnis untuk mempromosikan produknya.
Menurut (Kotler, 2012) di dalam bauran pemasaran, salah satu unsurnya adalah promosi. Promosi adalah suatu unsur yang digunakan untuk memberitahukan dan membujuk pasar tentang produk yang baru pada perusahaan melalui iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan maupun publikasi.Â
Promosi pada hakikatnya adalah semua kegiatan yang dimaksudkan untuk menyampaikan atau mengkomunikasikan suatu produk kepada pasar sasaran untuk memberi informasi tentang keistimewaan, kegunaan dan yang paling penting adalah keberadaaanya, untuk mengubah sikap maupun untuk mendorong orang untuk bertindak atau membeli produk tersebut.
Pada saat ini, giveaway telah menjadi suatu tren dikalangan online shop maupun offline store sebagai salah satu strategi marketing mereka untuk melakukan promosi terhadap produk yang mereka miliki. Lalu, apa itu giveaway? Giveaway merupakan salah satu cara promosi yang menggunakan media sosial sebagai upaya pemasaran atau meningkatkan penjualan suatu produk. Praktik giveaway ini merupakan ide pemilik usaha online shop untuk mengenalkan produknya ke pengguna media sosial secara luas.
Giveaway adalah sebuah kegiatan berupa pembagian hadiah atau produk secara  gratis kepada siapa saja secara random sesuai dengan produk yang dijanjikan oleh sponsor ataupun penyelenggara, namun untuk mendapatkan hadiah tersebut, peserta harus mengikuti syarat-syarat atau ketentuan yang telah dibuat oleh penyelenggara giveaway.  Dalam praktik giveaway ini terdapat beberapa pihak yang terlibat. Pihak tersebut meliputi penyelenggara dan peserta.
Giveaway kini dapat dikatakan sebagai budaya baru khususnya di kalangan online shop. Kini, hampir semua online shop melakukan praktik giveaway ini, karena dengan dilakukannya praktik giveaway ini banyak feedback yang menguntungkan bagi penyelenggara, antara lain adalah bertambahnya followers yang yang dapat membuat ketertarikan konsumen akan semakin kuat terhadap produk yang dijual, kemudian produk dan juga online shop akan lebih dikenal di masyarakat luas melalui internet yang tidak terbatas ini.
Praktik giveaway ini bukan hanya dilakukan dan terkenal di kalangan online shop saja pada saat ini. Banyak sekali public figure terutama yang sangat aktif dan terkenal di media sosial yang melakukan praktik giveaway beberapa waktu belakangan ini.
Salah satu praktik giveaway yang terkenal beberapa waktu yang lalu adalah tren permainan "Ikoy-Ikoyan". Tren "Ikoy-Ikoyan" ini pertama kali diselenggaraka dan dipopulerkan oleh salah satu selebgram ternama di Indonesia, yaitu Arief Muhammad. Dengan tren tersebut, menjadi awal merebaknya tren giveaway di kalangan public figure.
Fenomena giveaway ini tentu saja membawa berbagai dampak ataupun pengaruh, khususnya bagi para pegiat bisnis di media sosial, antara lain:
Giveaway digunakan sebagai alat penambah engagement bagi online shop