Teori perilaku konsumen dan produsen adalah teori penting dalam ekonomi.
Teori perilaku konsumen
Teori perilaku konsumen membahas tentang bagaimana komsumen membuat keputusan tentang pembelian barang dan jasa. Menurut teori ini, konsumen memperhitungkan utilitas dan harga saat membuat keputusan pembelian. Yang dimana utilitas adalah kepuasan yang diperoleh dari konsumen barang atau jasa. Sedangkan harga adalah faktor yang sangat penting dalam membuat keputusan pembelian.Â
Menurut hukum permintaan semakin tinghi harga barang atau jasa, semakin rendah tingkat permintaan komsumen. Ini berati bahwa komsumen cenderung membeli lebih sedikit ketika harga meningkat.
Teori perilaku produsen
Teori perilaku produsen membahas tentang bagaimana produsen membuat keputusan tentang produksi. Produsen memperhitungkan biaya produksi dan pendapatan saat membuat keputusan tentang produksi. Biaya produksi adalah semua biaya yang terkaiy dengan produksi barang atau jasa. Pendapatam adalh semua pendapatan yang dihasilakan dari penjual barang atau jasa.
Biaya produksi terdiri atas biaya tetap dan biaya variabel.Â
Produsen membuat keputusan tentang produksi dengan membandingkan biaya produksi dengan pendapatan yang diharapkan.
Faktor lain yang mempengaruhi keputusan produksi produsen termasuk teknologi produksi, persaingan pasar dan kebijakan pemerintah.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H