Seringkali kita sudah menggunakan waktu istirahat dan mendedikasikan waktu pulang kantor alias lembur untuk menyelesaikan pekerjaan. Â namun pekerjaan sepertinya tidak pernah selesai.Â
Kondisi yang lebih parah lagi, target pekerjaan pada hari yang ditentukan belum selesai, ternyata muncul beberapa tugas lain yang harus segera ditindak lanjuti. Situasi tersebut banyak terjadi akhir-akhir ini, sehingga kelelahan dan stres tidak terelakkan bagi para pekerja kantoran.
Untuk mengatasi hal tersebut, para karyawan sebaiknya mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi bahkan mengantisipasinya. Berikut ini adalah 6 cara menghadapi pekerjaan yang menumpuk.
1. Buat to- do- list pekerjaan yang efektif
Perencanaan sangat penting dilakuan agar pekerjaan tidak ada yang terlewat. Jika kamu sangat sibuk di pagi hari dengan agenda rapat-rapat dan koordinasi, maka kamu sebaiknya mencatat rencana pekerjaan sebelum pulang kerja untuk dikerjakan hari esoknya. Agar perencanaan kamu efektif, urutkan prioritas berdasarkan urgensi penyelesaiannya.
2. Bantu dengan teknologi
Ingat karena energi kita sudah terkuras untuk menyelesaikan pekerjaan yang banyak, sehingga bisa dipastikan otak kita akan kesulitan mengingat to-do-list pekerjaan jika tanpa bantuan teknologi. Oleh karena itu manfaatkan aplikasi yang dilengkapi dengan fitur pesan pengingat dan penanda prioritas.
3. Fokus
Fokus pada penyelesaian target tentu saja harus dilatih dan diupayakan misalnya tidak membuka media sosial, tidak mengobrol atau bercanda. Fokus tidak hanya pada bekerja tapi juga pada saat membuat to-do-list pekerjaaan, agar tidak ada satu pun pekerjaan yang terlewat untuk dituliskan. Intinya upayakan fokus agar tidak lupa dan fatal dalam pekerjaan.
4. Perlahan
Menyelesaikan pekerjaan dengan pelan-pelan sangat disarankan untuk menjaga kualitas pekerjaan kamu. Walaupun arus pekerjaan yang diberikan bertubi-tubi, cobalah untuk tetap tenang dan kerjakan dengan teliti.Â