Kehadiran Al-Qur'an memberikan pengaruh yang luar biasa bagi lahirnya berbagai konsep yang diperlukan manusia dalam berbagai bidang kehidupan. AlQur'an bagaikan sumber mata air yang tidak pernah kering ketika manusia mengambil dan mengkaji hikmah isi kandungannya. Sudah tentu tergantung kemampuan dan daya nalar setiap orang dan kapan pun masanya akan selalu hadir secara fungsional memecahkan problem kemanusiaan (Hamzah Djunaid:2014:139).Â
Al-Qur'an selain berisi ajaran-ajaran tentang pendidikan terutama dalam bidang akhlak, juga telah memberi isyarat dan inspirasi bagi lahirnya konsep pendidikan. Namun demikian, sungguhpun kita dapat mengemukakan argumentasi secara meyakinkan bahwa al-Qur'an sebagai "Kitab Pendidikan Islam", kita tidak dapat mengatakan bahwa antara alQur'an dan kitab pendidikan itu sama; keduanya tetap berbeda. Al-Qur'an berasal dari Allah, bersifat mutlak, berlaku sepanjang zaman dan pasti benar. Adapun kitab pendidikan berasal dari hasil ijtihad manusia, memiliki keterbatasan, dapat berubah setiap zaman dan dapat mengandung kesalahan. Kitab pendidikan yakni kitab pendidikan Islam adalah hasil ijtihad manusia yang berdasarkan alQur'an.
Kajian terhadap berbagai aspek pendidikan yang berdasarkan perspektif alQur'an lebih lanjut banyak dilakukan oleh para ulama modern. Dengan bersandar pada ayat-ayat al-Qur'an, mengkaji bagianbagian penting dalam pendidikan, seperti visi misi pendidikan dalam perspektif al- Qur'an, tujuan pendidikan dalam perspektif al-Qur'an, serta teknik-teknik pendidikan yang meliputi teladan, nasihat, hukuman, cerita, kebiasaan, dll. Berbagai istilah yang berkaitan dengan pendidikan diantaranya yaitu al-Tarbiyah, al-Ta'lim, al-Tazkiyah, al-Tadris, al-Tafaqquh, al-Ta'aqqul, al-Tadabbur, alTadzkirah, al-Tafakkur, al-Mau'idzah. (Abudin Nata: 2016: 72).Â
Dalam kegiatan pendidikan dan pengajaran diperlukan adanya kurikulum. Di dalamnya terdapat penjelasan tentang rumusan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, penentuan atau pemilihan bahan pelajaran, proses belajar mengajar, dan alat penilaiannya. (Nasution: 1993:7) Salah satu aspek pendidikan yang mendapatkan perhatian dari Al-Qur'an sebagaimana telah dikemukakan adalah aspek kurikulum dalam pengertian sebagaimana tersebut, yakni tujuan pengajar, materi pengajaran, proses belajar mengajar, bahan pelajaran dan evaluasi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H