Mohon tunggu...
RESTI WULANDARI
RESTI WULANDARI Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswi uad

menulis hasil karya sendiri

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Communication Challenges in the Era of Hybird

24 Desember 2021   11:29 Diperbarui: 24 Desember 2021   17:07 161
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Komunikasi ini adalah proses komunikasi yang Sangat klasik. SMCR adalah proses komunikasi, namun sekarang ini prosesnya telah diubah penerima tidak hanya penerima pasif lagi, mereka menjadi pusat juga dan penerima komunikasi dua arah dapat menjadi pengirim pesan yang dikirim melalui saluran ke pengirim yang sekarang menjadi lenskep dan ekosistem. Ekosistem komunikasi telah banyak berubah dan bergeser selama dekade terakhir dan hal hal yang membuatnya terjadi inilah yang kita sebut gangguan Sebenarnya Ketika kita berbicara tentang gangguan itu bukan hanya tentang gangguan komunikasi tetapi kita telah mendengar banyak tentang gangguan dari banyak aspek keuangan, contohnya seperti Manusia memiliki smartphone dan tidak perlu membawa uang tunai atau tidak perlu membawa dompet lagi.

Transaksi keuangan melalui aplikasi dan bisa direkam barang-barang apa saja yang telah diberikan kepada masyarakat, ketika gangguan media apakah ada teknologi yang menggantikan teknologi Konvensional. Apa yang dimaksud dengan jurnalis teks , Tugas dari jurnalis adalah mengetik atau untuk menulis sebuah berita, jurnalis adalah hal yang menyangkut kewartawanan dan persuratkabaran dan seni kejuruan yang bersangkutan dengan pemberitaan dan persuratkabaran. Jika Anda ingin meliput sebuah cerita dengan cara konvensional anda harus memiliki setidaknya empat orang untuk pergi dengan anda untuk membantu meliput sebuah berita sebelum kita mengenal smartphone tapi sekarang karena gangguan digital untuk merekam suara atau video Cukup menggunakan smartphone semuanya diubah menjadi satu gadget jadi ini adalah contoh disrupsi media atau digital gangguan di studio seperti studio tv.

Sekarang kamera dikendalikan oleh robot sehingga anda dapat melihat bahwa banyak pekerjaan akan kehilang tenaga kerja dan akan dipotong bahkan untuk pembawa berita tidak yakin bagaimana telah melihat seperti dicina misalnya kita tidak perlu memiliki pembawa berita seperti manusia lagi jadi ada Pro dan kontra dari ini tidak mengatakan itu baik atau buruk . Tetapi ada pro dan kontra karena gangguan media tetapi itu benar-benar mengubah gaya hidup kita. Mengubah cara kita mengkonsumsi media dan itu juga mengubah karir kita juga sehingga sangat mempengaruhi.

Ada fenomena lain yang terjadi inilah yang kami sebut konvergensi media ketika semua yang kita tahu seperti cetak audio dan semuanya menyatu menjadi satu platform inilah yang kami sebut konvergensi media . Seperti yang mereka katakan dan tanda tanya besar adalah Gadget kami terutama smartphone dan konversi media dan gangguan media seperti sekarang bahwa saat ini siapa pun dapat menjadi dokter atau tidak ,untuk siapa pun dapat menjadi produser media siapapun dapat bertindak seperti reporter dengan baik dan sebenarnya.

Cara teknologi memungkinkan Pengguna atau penerima membuat konten sendiri inilah yang kami sebut UGC atau penggunaan konten yang dihasilkan dengan baik. Jess salathong menyatakan bahwa tiktok sangat terkenal di indonesia, sebenarnya tiktok sangat berpengaruh pada orang-orang terutama anak muda, contohnya ada kasus yang sangat viral ada seorang petinju di indonesia yang menghancurkan pohon pisang di indonesia dan itu menjadi viral dan seperti anak muda di seluruh indonesia sekarang mengikuti atau meniru untuk menghancurkan pohon pisang atau ada meme jadi ini adalah sesuatu yang orang dapat dan membuat konten sendiri.

Anda mungkin tahu contoh seperti klip video lucu atau gambar dari orang lain dan kemudian mereka membuat konten mereka sendiri, dan kami sebut UGC dan tiktok sangat populer karena platfrom yang memungkinkan orang yang anda kenal untuk membuat konten dengan mudah sendiri tidak seperti yang belum pernah terjadi sebelumnya itu sebab tiktok sekarang menjadi nomor satu yang telah diunduh dan juga aplikasi yang menghasilkan banyak pendapatan, karena sekarang ada orang-orang yang telah mempengaruhi media yang memiliki pengaruh pada penonton mungkin kebanyakan orang sudah banyak berubah juga seperti di masa lalu kita mungkin berpikir bahwa media massa seperti radio dan tv begitu berpengaruh, tapi sekarang meskipun jangkauan media massa sangat besar seperti yang anda lihat dari piramida massa orang kaya begitu besar namun dalam hal implan berbeda karena jika anda melihat piramida ini anda akan melihat bahwa meskipun konektor sosial seperti aktor, selebriti ,musisi dewasa anda tahu seperti mereka memiliki Pengikut atau kurang kaya yang lebih kecil, namun dalam hal pengaruh kekuasaan mereka memiliki lebih banyak dampak pencipta konten seperti Blogger ,youtuber, tiktok, mereka juga memiliki dampak mempengaruhi orang meskipun mereka tidak memiliki seperti jutaan pengikut tetapi orang-orang mendengarkan mereka anda mungkin tahu kapan mereka perlu untuk mendapatkan informasi- informasi tertentu dan sebenarnya anda tahu yang memiliki pengaruh paling besar pada kami adalah keluarga, teman atau pengguna sebenarnya anda mungkin sudah mengetahui seperti yang sekarang yaitu influencer dan sekarang konsumen. mereka tidak tahu bahwa misalnya jika seorang selebriti atau bintang atau idola mungkin anda tahu seperti mereka berhenti pada sesuatu tanpa nyata dia punya uang untuk melakukannya itu sebabnya penggunaan yang sebenarnya atau penggunaan organik adalah yang paling berpengaruh saat ini. Hal lainnya masih sangat penting bagi media kita bahkan sebelum gangguan kita atau bahkan sekarang berada di Era disrupsi.

Teknik mendongeng, jess salathong memberikan contoh di mana dan ketika kita berbicara tentang mendongeng. Mendongeng itu tidak perlu hanya Robo atau tidak perlu hanya seperti musik seri atau sesuatu yang berhubungan dengan audio visual misalnya seperti contoh ubi yang berbentuk 2 kaki, contoh lain dari Jepang yaitu kumamon, kumamon adalah maskot dari kota kecil bernama kumamoto di bagian selatan jepang sebelum kota ini seperti tidak ada yang tahu kota itu sangat kecil. Maka dari itu gubernur datang dengan ide bahwa mereka harus seperti maskot untuk dapat menarik orang yang anda kenal untuk mengunjungi dan mengenal lebih banyak tentang kota mereka jadi gubernur menciptakan beruang hitam dengan keju merah di pipi nya yang disebut kumamong dan itu menjadi populer dan menarik banyak menara dan uang untuk kumamoto city.

Di thailand berbicara storytelling seperti siswa dan orang- orang sekitar untuk mengetahui seperti media apa atau gambar seperti apa yang anda dapatkan tentang thailand, anda pernah mendengar tentang pima atau nana, itu adalah legenda urban di thailand anda mungkin tahu seperti apa yang terjadi di ratusan tahun sebelumnya tetapi setelah anda tahun seperti ditafsirkan ulang dan direvisi merevitalisasi menjadi seperti film yang benar benar bentuk baru dari sebuah cerita, itu adalah cara baru untuk mendongeng, sebabnya itu menjadi sangat populer meskipun telah berulang kali di produksi. Ini adalah teknik dan keterampilan seni yang anda ketahui seperti sebagai media pribadi kita harus memiliki nya keterampilan mendongeng.

Jika Anda ingin bercerita Anda juga harus memikirkan konteks tidak hanya konten tetapi juga konteks jadi apa jenis konteks yang kita miliki yang pertama Adalah warga dunia dan workism jadi sekarang anda tahu anda tidak dapat benar benar membatasi diri sendiri hanya orang Indonesia tetapi anda adalah seorang warga negara global dan walkism adalah tren mereka yang orang orang berjalan dan mereka keluar dan mereka mencoba untuk berkomunikasi dan mengekspresikan suara mereka. jenis konten dan konteks seperti yang pertama seperti warga global, anda harus menjadi bagian dari komunitas global walkism anda berjalan dan mengucapkan kata- kata anda, untuk menghindari inklusivitas anda tidak dapat meninggalkan seseorang sekarang semua orang sama hak dan Ada beberapa topik yang memenuhi tren warga Global dan inklusif itas autisme misalnya perubahan iklim seperti rasisme seperti yang anda lihat bahwa kami memiliki kasus kehidupan hitam sebelumnya jadi jika anda ingin menghasilkan konten apapun Anda harus memikirkan apakah itu rasis atau tidak kesetaraan kesetaraan gender Kesetaraan seksual antara orang dengan tanpa cacat.

 Di Era sekarang ini hal lain yang sangat penting sekarang adalah tracy, ketika anda memiliki ponsel cerdas atau smartphone yang tepat dan menghasilkan apa saja sehingga ketika anda menghasilkan apapun itu mungkin anda tahu seperti banyak menghasilkan dengan tempat tanggung jawab sehingga Anda harus sangat berhati-hati untuk membuat yakin rekaman sedang berlangsung anda harus memiliki akses yang baik, analisis yang baik dan evaluasi yang baik dan di atas itu anda harus dapat membuat karya dengan baik dengan literasi media.

Pentingnya literasi media ketika kita harus memahami kapan kita mulai pulih, maka dari itu kita harus bersungguh-sungguh dan dapat mengelola media dengan baik dan tidak menjadi korban berita palsu. Analisis media bahwa sekarang tidak dapat mempercayai hal- hal yang dapat dilihat karena teknologi saat ini dapat melakukan apa saja seperti palsu yang di dalam nya atau bahkan dapat meniru suara seseorang dengan benar sehingga kita harus berhati-hati. Clickbait adalah hal lain yang orang akan memikat untuk mengklik dan kemudian mereka mendapatkan like (suka ) Jess salathong berpikir bahwa indonesia juga Asia dan Thailand, begitu banyak clickbaits dan kita harus buta huruf yang harus dipikirkan siapa yang membuat pesan , pesan apa yang disajikan audience menerima pesan dan mengapa siapa yang mewakili pesan dan siapa yang dan apa motivasi. Miss Thailand kita harus mengatakan bahwa orang gemuk itu standar konteks kecantikan dia dianggap cukup gemuk namun dia juga memiliki kepercayaan dirinya dan dia ingin mempromosikan konsepnya itu kecantikan ukuran sebenarnya jadi dia ingin menunjukkan bahwa jika Anda ingin menjadi cantik anda harus percaya diri dan tidak peduli omongan orang lain dan tetap percaya diri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun