Mohon tunggu...
Resti Anggraini
Resti Anggraini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Public Health

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Peran Sarjana Kesehatan Masyarakat dalam Peningkatan Layanan di Puskesmas dan Klinik

2 Januari 2025   17:00 Diperbarui: 2 Januari 2025   14:15 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Lulusan Kesehatan Masyarakat dapat bekerja di puskesmas, klinik, rumah sakit, laboratorium, dinas kesehatan, perusahaan swasta, hingga institusi pemerintah. Sarjana kesehatan masyarakat bukan hanya menjadi tenaga kesehatan yang memberikan layanan individu, tetapi juga menjadi pemimpin dalam merancang dan mengimplementasikan program kesehatan masyarakat yang efektif. Sarjana Kesehatan Masyarakat memiliki peran dalam mendukung sistem pelayanan kesehatan di tingkat fasilitas pelayanan primer seperti puskesmas dan klinik. 

Sarjana Kesehatan Masyarakat menjadi penghubung antara puskesmas dan masyarakat. Sarjana Kesehatan Masyarakat yang bekerja di puskesmas berperan aktif dalam membuat perencanaan program kesehatan yang sesuai dengan wilayah setempat. Sebelum membuat program kerja, mereka harus melakukan analisis data kesehatan masyarakat untuk mencari permasalahan kesehatan yang paling mendesak dan harus segera ditangani. Berdasarkan hasil analisis, mereka akan segera merancang program kesehatan yang promotif dan preventif, seperti pencegahan penyakit, imunisasi, edukasi pola hidup sehat, dan program pengendalian penyakit menular. 

Dengan pendekatan yang berbasis data, kolaborasi tim, dan pemberdayaan masyarakat. Tenaga kesehatan yang bekerja di puskesmas sering terlibat dalam pemberdayaan masyarakat dengan pelatihan kader kesehatan, penyuluhan kesehatan lingkungan, dan posyandu. Dengan adanya keterlibatan masyarakat dalam program kerja puskesmas, masyarakat bukan hanya sebagai penerima layanan, tetapi juga ikut dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan.

Di klinik, Sarjana Kesehatan Masyarakat membantu meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas layanan. Dengan membantu mengelola administrasi klinik dengan memastikan sistem pendaftaran pasien sesuai, serta memastikan standar operasional prosedur (SOP) yang diterapkan. Sarjana Kesehatan Masyarakat yang bekerja di klinik juga membantu dalam pengawasan mutu layanan klinik dengan mengevaluasi kepuasan pasien untuk meningkatkan kualitas layanan.

Tidak ada perbedaan antara Sarjana Kesehatan Masyarakat yang bekerja di puskesmas ataupun di klinik. Mereka sama-sama memiliki peran dalam edukasi masyarakat, pengumpulan dan analisis data kesehatan, evaluasi program dan layanan kesehatan, pencegahan penyakit kronis dan menular, dan sebagai penghubung antara fasilitas kesehatan dan masyarakat.

Mereka bukan sekedar memberikan solusi terhadap permasalahan kesehatan, tetapi juga membangun fondasi dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat. Keberadaan mereka di fasilitas kesehatan, baik primer ataupun sekunder menjadi kunci dalam mewujudkan kesehatan masyarakat yang lebih baik, berkelanjutan, dan merata. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun