Universitas Mulawarman, Merupakan salah satu Universitas Negeri terbesar di kalimantan timur, yang kerap disapa dengan sebutan Universitas Tropical Studies, Universitas Mulawarman sendiri saat ini memiliki daya tampung hampir 34.000 mahasiswa/i di 12 Fakultas yang ada di Universitas Mulawarman.Â
Dalam hal ini tentu Universitas Mulawarman sebagai Universitas Negeri terbesar di Kalimantan Timur tentu harus menjaga citra & branding khususnya untuk menarik calon mahasiswa baru yang nantinya akan memilih Universitas Mulawarman sebagai pilihan untuk menempuh pendidikan tinggi.
Hal ini juga berkaitan dengan Bagaimana kerja-kerja Humas Universitas Mulawarman, dalam mewacanakan Strategi atau peran kehumasan dalam meningkatkan Citra ataupun Branding tersebut, Samarinda, Kalimantan Timur - Jum'at 19 Maret Tim mendatangi UNMUL HUB, untuk melakukan seputaran Wawancara singkat bersama humas unmul  Ari Wibowo, S.H., M.H untuk menanyakan beberapa hal tentang kerja kerja humas dan peran serta strategi kehumasan unmul tersebut.
Samarinda, Kalimantan Timur - Jum'at 19 Maret Tim mendatangi UNMUL HUB, untuk melakukan seputaran Wawancara singkat bersama humas unmul  Ari Wibowo, S.H., M.H untuk menanyakan beberapa hal tentang kerja kerja humas dan peran serta strategi kehumasan unmul tersebut.
Saat sedang  berdiskusi anggota Humas Unmul menyampaikan tugas yang harus dikerjakan dan sudah diselesaikan, mereka mengatakan poin utama dalam bekerja yaitu koordinasi. Â
Untuk sekarang Humas Unmul beranggotakan 9 Â anggota dan 1 Koordinator. Peraturan etika yang digunakan Humas Unmul tetap menyesuaikan pada acuan UUD 1945, dalam landasan tata kehidupan nasional pasal 1 mengenai komitmen pribadi dan pasal 3 mengenai perilaku terhadap masyarakat dan media massa. Jadi artinya tidak ada peraturan spesifik yang dibuat sendiri pada Humas Unmul.
Peraturan saat merilis berita bagi Humas Unmul yaitu disaat merilis berita dipastikan tidak bertentangan dengan peraturan kebijakan terutama dalam ruang lingkup Unmul.Â
Dalam melakukan pemberitaan humas Unmul melakukan kerja sama dengan beberapa media yang ada di samarinda antara lain kaltim kece, smd post, kaltim post, dan kompas. Â dengan tujuan informasi yang diup mendapat respon secara luas.
Saat melakukan kerjasama dengan media lain, humas unmul menerapkan strategi yaitu mempertahankan citra unmul dalam pemberitaan serta humas Unmul mendukung penuh sebagai publikasi jika terjadi kendala di lapangan cara mengatasinya dengan semua tim tetap tenang dan jangan panik.Â
Dan bila terjadi hal yang urgent dan tidak ada yang bisa mengatasi maka pimpinan (Pak Ari) yang turun langsung. Jadi sejauh ini belum ada hambatan namun jika terjadi hambatan maka harus cepat diselesaikan.
Program-program yang sudah dilaksanakan yaitu Unmul mengadakan podcast, Unmul TV, dan membuat konten (himbauan, informasi, pemberitahuan) yang lebih spesifiknya ketika sudah launching melalui konten humas dan akan disampaikan program-programnya.