Halo teman-teman di pembahasan artikel kali ini saya akan membahas tentang evaluasi alat permainan edukatif.
        Pasti kalian sudah tahu  apa itu evaluasi, di sini saya akan menjelaskan secara singkat saja tentang pengertian dari evaluasi. evaluasi merupakan kegiatan yang sudah terencana agar kita mengetahui objek tersebut dengan menggunakan instrumen dan hasil yang sudah dibandingkan dengan sesuatu tolak ukur yang nantinya akan kita simpulkan. Terjadinya evaluasi akan membantu untuk menentukan apa kekurangan dari objek tersebut. Seperti halnya dengan permainan alat edukatif yang mana evaluasi dari alat permainan edukatif juga dilakukan oleh guru yang sudah dirancang agar mengetahui apakah permainan tersebut sudah efektif untuk pelaksanaan pembelajaran anak usia dini atau memiliki kekurangan yang nantinya malah tidak maksimal dalam perkembangan anak. Setelah semuadi  ketahui kelebihan atau kelemahan nya apakah efektif atau tidak maka dilakukanlah evaluasi barulah dilakukan perbaikan dari permainan tersebut agar dapat menjadi lebih maksimal lagi. Apakah permainan itu layak digunakan efektif untuk anak atau tidak semua nanti itu akan dinilai dan di evaluasi lagi agar menjadi alat permainan yang dapat membantu anak.
Jadi itu ya sekilas penjelasan tentang pengertian dari evaluasi.
        Tentunya guru harus memiliki wawasan serta dapat mengevaluasi setiap sumber belajar agar permainan edukatif dapat terlaksana dengan maksimal. Tujuan dari evaluasi ini menurut susilana dan cepy ada enam yaitu:
1. Untuk memilih media pembelajaran yang tepat untuk digunakan
      Tentunya adanya pengevaluasian permainan agar guru mengetahui media pembelajaran yang tepat untuk digunakan baik itu sesuai umur anak ataupun setiap aspek yang akan di kembangkan. Jika ada ada suatu masalah dalam permainan tersebut maka dilakukanlah evaluasi untuk memilih media pembelajaran yang tepat untuk anak.
2. Untuk melihat prosedur penggunaan suatu alat
      Pastinya alat edukatif harus sesuai dengan prosedur dari sinilah akan dilakukan evaluasi untuk melihat semua prosedur dari permainan tersebut apakah sudah sesuai dengan kesulitan yang digunakan dan melihat bahan-bahan dari alat tersebut apakah aman atau tidak untuk anak.
3. Untuk memeriksa tercapainya tujuan penggunaan alat
      Dari poin inilah sangat terbantu dengan adanya evaluasi karena dengan di evaluasinya permainan tersebut maka guru dapat mengetahui apakah alat permainan tersebut sudah mencapai setiap perkembangan anak, apa kah  fungsi dari alat permainan edukatif itu sudah tercapai dalam diri anak. Jika belum maka akan dilakukan lah evaluasi kembali dan melihat titik kesalahan dari alat permainan edukatif tersebut.
4. Menilai kemampuan guru dalam menggunakan alat permainan edukatif