Mohon tunggu...
Nanda Sakti
Nanda Sakti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Tingkat Akhir Prodi Akuntansi

Universitas Slamet Riyadi Surakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Public Speaking dalam Perspektif Public Relations

12 Desember 2023   19:48 Diperbarui: 12 Desember 2023   20:16 139
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Public Speaking, atau berbicara di depan umum, adalah keterampilan yang penting dalam dunia Public Relations (PR). Dalam konteks ini, Public Speaking bukan hanya sekadar keahlian berbicara di depan orang banyak, tetapi juga merupakan elemen kunci dalam membangun citra positif, mengelola krisis, dan memperkuat hubungan antara organisasi dan publiknya.

Pentingnya Public Speaking dalam Public Relations

1. Mengomunikasikan Pesan dengan Jelas

Dalam PR, pesan yang disampaikan harus dapat dipahami dengan jelas oleh publik target. Kemampuan Public Speaking yang baik memastikan bahwa pesan disampaikan dengan tepat dan efektif. Seorang PR harus dapat menyusun pidato atau presentasi yang tidak hanya informatif, tetapi juga memotivasi dan membangun koneksi dengan pendengar.

2. Membangun Kredibilitas

Public Speaking merupakan salah satu cara terbaik untuk membangun kredibilitas seseorang atau suatu organisasi. Ketika seorang PR tampil sebagai pembicara di konferensi, seminar, atau acara publik lainnya, hal ini menciptakan kesan bahwa orang tersebut adalah ahli di bidangnya dan memiliki pengetahuan mendalam tentang isu-isu yang relevan.

Strategi Public Speaking dalam Public Relations

1. Penyesuaian Gaya Berbicara

Setiap acara atau situasi memerlukan gaya berbicara yang berbeda. Seorang PR harus dapat menyesuaikan gaya berbicara sesuai dengan audiens dan tujuan komunikasi. Apakah itu pidato formal di hadapan pemangku kepentingan internal atau presentasi yang lebih santai di acara publik, adaptasi gaya berbicara sangat penting.

2. Pemilihan Kata yang Tepat

Pemilihan kata yang tepat dapat membuat perbedaan besar dalam persepsi publik terhadap suatu isu atau organisasi. Seorang PR harus memiliki keterampilan dalam memilih kata-kata yang tidak hanya sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan, tetapi juga dapat diterima dan dipahami oleh berbagai kalangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun