Mohon tunggu...
Reno Maratur Munthe
Reno Maratur Munthe Mohon Tunggu... Penulis - Reno

Munthe Strategic and International Studies (MSIS)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Ragam Jenis Business to Business Partnership (Kemitraan B to B)

9 November 2022   16:51 Diperbarui: 9 November 2022   16:53 580
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Apa itu kemitraan B2B?

Kemitraan B2B adalah kolaborasi antara 2 atau lebih perusahaan yang bertujuan untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan yang akan menopang pertumbuhan dan menambah nilai signifikan bagi semua pihak yang terlibat.

Kolaborasi in bisa dalam bentuk pengembangan produk, pemasaran, dan/atau peluang bisnis secara keseluruhan.

Saat Anda mencoba membangun kemitraan serupa yang berfokus pada pertumbuhan, ada beberapa hal yang perlu diingat sebagai berikut:

Berikut berbagai jenis kemitraan di dunia B2B.

Kemitraan B2B seperti apa yang dapat Anda bangun?

  • Mentor dan Penasihat: Banyak pakar industri mengambil bisnis kecil di bawah sayap mereka untuk membantu mereka tumbuh. Untuk bisnis skala kecil, kemitraan semacam ini bisa sangat menguntungkan. Aliansi ini dapat membantu Anda mengembangkan jaringan dan menghubungkan Anda dengan pakar industri lain atau pelanggan potensial;
  • Bisnis Non-Kompetitif: Anda juga dapat mencari kemitraan dengan perusahaan dalam industri Anda yang menawarkan produk atau layanan pelengkap. Misalnya, agen pemasaran digital layanan lengkap dapat bermitra dengan perusahaan pengembangan web dan pengembangan perangkat lunak yang menyediakan layanan tambahan yang tidak bersaing untuk audiens serupa. Dengan cara ini, kedua perusahaan dapat merujuk klien satu sama lain, berkolaborasi untuk layanan, dan membantu mereka mengembangkan bisnis mereka;
  • Asosiasi bisnis dan organisasi perdagangan: Anda dapat membangun kemitraan dengan asosiasi bisnis lokal Anda seperti Kamar Dagang. Asosiasi ini dapat memberikan peluang besar untuk pemasaran dan jaringan -- acara yang mereka selenggarakan juga merupakan pilihan bagus untuk membangun hubungan dan menghasilkan prospek;
  • Perusahaan Media: Media dapat menjadi sumber pemasaran yang kuat untuk bisnis Anda. Bermitra dengan perusahaan media dan publikasi perdagangan yang menerbitkan konten yang relevan untuk industri dan audiens Anda. Ini akan menempatkan perusahaan Anda di depan jenis perusahaan yang ingin Anda tarik sebagai klien;
  • Distribusi dan penjualan: Kemitraan B2B di seluruh ekosistem saluran memungkinkan Anda berhubungan dengan:
    a. Vendor barang dagangan (ingat semua hadiah di katalog penukaran);
    b. Berbagai organisasi mitra saluran dengan berbagai kekuatan, kemampuan penjualan silang, jangkauan geografis yang ditingkatkan -- sebut saja;
    c. Platform otomatisasi seperti Fielo menyederhanakan program insentif untuk mitra saluran;
    d. Pemasok dan vendor yang menyediakan suku cadang tambahan berkualitas tinggi; dan e. Lainnya yang membantu dengan aspek bisnis yang lebih santai-- pemasaran, Sumber Daya Manusia, penggajian, dan semacamnya. 

Peran mendasar dari kemitraan B2B adalah untuk memastikan bahwa Anda terus fokus pada apa yang Anda lakukan dengan baik. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun