Mohon tunggu...
Renita Rizky
Renita Rizky Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

saya merupakan mahasiswa prodi manajemen

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Analisis Pangsa Pasar untuk Meningkatkan Kesuksesan Bisnis

7 Desember 2023   23:08 Diperbarui: 7 Desember 2023   23:16 316
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Analisis pangsa pasar merupakan salah satu dari sekian banyaknya strategi pemasaran yang digunakan dalam dunia bisnis untuk mengetahui peluang pasar, perkembangan trend, maupun kebutuhan konsumen. Analisis ini biasanya diterapkan dalam bisnis untuk mengetahui peluang pasar dalam agar dapat meningkatkan profitabilitas dan pengambilan keputusan dalam suatu bisnis.

Pengertian pangsa pasar dan analisis pangsa pasar

Pangsa pasar menurut William J.s (1984), merupakan bagian pasar yang dikuasai oleh suatu perusahaan, atau prosentase penjualan suatu perusahaan terhadap total penjualan pada pesaing terbesarnya. Menurut Philip Kotler, pangsa pasar adalah sebuah presentase besarnya penjualan yang dimiliki oleh kompetitor dalam market yang relevan. Sedangkan analisis pangsa pasar adalah suatu kegiatan penganalisisan atau mengamati secara detail untuk mempelajari berbagai masalah tentang keadaan pasar.

Lalu, seberapa penting analisis pangsa pasar agar dapat meningkatkan kesuksesan bisnis?

Analisis pangsa pasar memiliki peran penting dalam dunia bisnis, antara lain seperti:

  • Memahami kebutuhan pelanggan
    Analisis pangsa pasar dapat membantu bisnis dalam memahami selera dan preferensi pelanggan agar bisnis lebih mudah menarik dan mendapatkan pelanggan.
  • Penentuan sasaran pasar
    Analisis pangsa pasar dapat menentukan sasaran pasar yang sesuai dengan produk atau layanan yang disediakan dalam bisnis. Hal ini dapat memberikan fokus segmen pasar yang lebih baik agar dapat memiliki profitabilitas tinggi.
  • Keunggulan bersaing
    Analisis pangsa pasar dapat membantu bisnis memahami posisi mereka dalam persaingan. Dengan mengetahui kinerja pesaing, bisnis yang dijalankan dapat mengidentifikasi peluang dan kelemahan pesaing untuk meningkatkan keunggulan bersaing.
  • Pemantauan trend dan perubahan pasar
    Trend terus berubah seiring perkembangan jaman dan analisis pangsa pasar dapat membantu bisnis untuk terus memantau perubahan tersebut agar tidak tertinggal dan dapat beradaptasi dengan perubahan tersebut untuk menjaga daya saing bisnis.
  • Pengambilan keputusan
    Analisis pangsa pasar dapat memberikan informasi yang dibutuhkan dan diperlukan untuk pengambilan keputusan yang strategis. Dengan pemahaman yang baik tentang pangsa pasar, bisnis dapat membuat keputusan yang efektif agar dapat memajukan bisnisnya.

Banyak bisnis yang masih abai dengan analisis pangsa pasar yang mengakibatkan bisnis mereka mengalami penurunan penjualan, penurunan kinerja, penurunan daya saing, hingga kebangkrutan karena tidak mengetahui pangsa pasar. Maka dari itu, bisnis harus terus melakukan analisis, riset, dan penerapannya tentang pasar setelah mengetahui seberapa penting pangsa pasar dalam bisnis.

Langkah-langkah dalam melakukan analisis pasar yaitu:

  • Strategi pendekatan permintaan
    Metode ini merupakan salah satu yang paling efektif untuk menentukan keadaan dan kemungkinan pangsa pasar. Berfokus pada permintaan manusia baik individu maupun kelompok yang belum terpenuhi atau yang sudah terpenuhi tetapi hasil tidak memuaskan. Permintaan ini bisa dilihat dari total kebutuhan, jumlah konsumen, dan target pasar.
  • Strategi penawaran dan mengamati tingkat kebutuhan calon konsumen
    Didasarkan pada kemampuan produsen untuk memberikan layanan baik produk atau jasa lainnya dan untuk memproduksi barang. Dari sini, perusahaan dapat mulai mencari pasar potensial dan sepenuhnya memahami kebutuhan dan permintaan masyarakat. Produk atau jasa yang disediakan harus dianalisis, seperti apakah konsumen mampu membelinya, bagaimana kualitasnya, dan apa keunggulan produk yang perusahaan miliki.
  • Menentukan waktu yang tepat untuk menjual produk
    Jika perusahaan atau bisnis menjual produk tidak sesuai dengan keadaan yang ada di pasar, maka kemungkinan besar produk yang disediakan tidak laku.
  • Survey pasar dan mengamati perkembangan pasar
    Sebelum menjual dan mempromosikan produk, perusahaan atau para pebisnis harus melakukan survey untuk memahami kondisi pasar sesuai dengan realita yang di lapangan. Bisa dilakukan dengan cara menyebar kuisioner, wawancara, atau turun langsung ke lapangan. Lakukan pengamatan tren pasar lewat social media atau membuat penilaian tentang produk yang ingin diproduksi.
  • Uji coba pasar
    Langkah ini juga penting untuk mengetahui apakah calon konsumen berminat dan tertarik dengan produk yang kita miliki. Pebisnis bisa menitipkan beberapa produk ke toko atau membagikan sampel gratis untuk masyarakat agar dapat mengetahui penilaian produk dari masyarakat untuk peningkatan kualitas sebelum dipasarkan kembali.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun