Mohon tunggu...
Reni Oskaurina
Reni Oskaurina Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Freelancer

Suka membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menambah Pengalaman Jurnalis Melalui Program Jurnalisme Berkebangsaan

26 Juni 2023   18:37 Diperbarui: 26 Juni 2023   18:39 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Sebagai seorang yang tertarik pada program jurnalisme, saya memutuskan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan saya dengan mengikuti program Jurnalisme Berkebangsaan yang menawarkan berbagai macam program dan kursus. Pengalaman ini tidak hanya membantu saya memperdalam pemahaman tentang jurnalisme, tetapi juga memberikan wawasan baru dan kesempatan untuk berinteraksi dengan profesional di industri ini. Dalam artikel ini, saya akan membagikan pengalaman menarik saya selama mengikuti program tersebut dan bagaimana hal itu memperkaya karier saya sebagai penulis. 

Program jurnalisme yang saya ikuti menawarkan beragam program dan kursus yang mencakup berbagai aspek dalam bidang jurnalisme. Beberapa program yang saya ambil dan saya ikuti meliputi:

1. Jurnalisme Data: Sesi Mentoring ini memperkenalkan saya pada konsep dasar analisis data dan penggunaan alat-alat visualisasi data. Saya belajar tentang pengolahan data, pemodelan, dan cara menggabungkan data dengan narasi yang kuat. 

2.  Kursus Story Telling: Pada program kursus ini memberikan saya pemahaman yang mendalam dalam hal bagaimana menggunakan story telling dalam dunia jurnalisme.

3. Kursus Konten Kreatif: Kursus ini memberikan saya banyak sekali pembelajaran mengenai bagaimana cara membuat konten kreatif sebagai blogger khusunya, cara membuat konten menjadi lebih menarik pembaca dan juga mengetahui lebih dalam dunia konten kreatif.

Selama mengikuti program ini, saya mengalami beberapa pengalaman menarik yang sangat berharga bagi perkembangan pengetahuan saya dalam dunia jurnalis. Pertama, Mentorship dengan Profesional Jurnalisme, program ini memberikan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan para profesional berpengalaman dalam industri jurnalisme. Saya dapat bertukar pikiran, mendapatkan umpan balik, dan mempelajari pandangan mereka tentang tren terkini dalam jurnalisme. Kedua, Praktik Lapangan, program jurnalisme juga menyediakan kesempatan untuk melakukan praktik lapangan di berbagai media, seperti media sosial dan juga blog seperti Kompasiana untuk mengembangkan kreatifitas dalam menulis.

Pengalaman mengikuti program jurnalisme ini tentu saja sangat membantu saya dalam mengambangkan pemahaman saya dalam dunia penulisan. Saya dapat menerapkan keterampilan baru yang saya pelajari dalam penulisan artikel jurnalistik yang lebih kuat dan informatif. Saya juga dapat memanfaatkan pengetahuan saya tentang etika jurnalisme dalam menulis konten yang akurat dan bermutu tinggi. Selain itu, kemampuan multimedia yang saya peroleh memungkinkan saya untuk memperluas cakupan tulisan saya dengan menggunakan video dan gambar untuk menyampaikan pesan dengan cara yang lebih menarik dan interaktif.

Terakhir, koneksi yang saya bangun selama program ini membuka pintu untuk kolaborasi dengan jurnalis dan media lainnya. Saya dapat berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan rekan-rekan di industri, serta mendapatkan kesempatan untuk berkontribusi pada publikasi yang lebih luas. 

Pengalaman saya mengikuti program jurnalisme yang menawarkan berbagai macam program dan kursus telah memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan pengetahuan saya sebagai penulis. Dengan memperdalam pemahaman saya tentang jurnalisme dan mengembangkan keterampilan baru, saya dapat meningkatkan kualitas tulisan saya dan menghadirkan konten yang lebih bervariasi kepada pembaca. Saya sangat menganjurkan kepada para penulis yang tertarik dalam bidang jurnalisme untuk mempertimbangkan mengikuti program serupa sebagai langkah untuk mengembangkan diri dan memperluas peluang karier mereka.  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun