Mohon tunggu...
Reni Nuraini
Reni Nuraini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hai saya Reni Nuraini seorang mahasiswa IPB University program studi komunikasi digital dan media saya memiliki hobi membaca dan saya menyukai konten yang mengandung komedi dan pengetahuan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Hadirnya Tiktok Shop yang Menawarkan Kemudahan Dalam Berbelanja dan Bertransaksi Secara Online

28 September 2024   15:30 Diperbarui: 28 September 2024   18:39 119
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kemajuan teknologi saat ini telah berhasil menciptakan berbagai macam inovasi yang bermanfaat dalam menunjang segala aktivitas manusia, dimana pada masa ini teknologi banyak menawarkan kemudahan bagi semua orang. Inovasi dan perkembangan teknologi salah satunya adalah platform sosial media seperti TikTok. Siapa yang tidak tau TikTok? TikTok sudah banyak dikenal diberbagai kalangan, sebagai platform media sosial yang memungkinkan pengguna membuat berbagi, dan menemukan video berdurasi pendek sekitar 15 hingga 60 detik. Video berdurasi pendek TikTok mencakup berbagai genre seperti komedi, tari, dan pendidikan. Para pengguna juga biasanya menghiasi dengan berbagai elemen, koleksi musik, filter, dan efek yang luas.

Tiktok awalnya berasal dan Tiongkok dengan nama Douyin, platform ini merupakan gagasan Byte Dance, perusahaan teknologi yang berpusat di Beijing. Platform ini melejit kepanggung Intenasional pada tahun 2016, merevolusi cara dunia mengonsumsi dan membuat konten digital. 

Seiring bertambahnya waktu, kini TikTok telah berkembang menjadi platform hiburan yang dilengkapi dengan platform e-commerce. Platform e-commerce TikTok atau dikenal dengan sebutan TikTok Shop ini, adalah platform yang memudahkan bisnis dan penggunanya untuk menjual dan membeli produk melalui aplikasi. TikTok Shop sendiri mulai tersedia pada tahun 2021 untuk pengguna TikTok dengan akun bisnis, Hal itu menjadi keunggulan tersendiri dan TikTok karena memudahkan para penggunanya untuk berbelanja tanpa perlu keluar dari aplikasi. 

Selain itu TikTok Shop juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat membantu penjual untuk memasarkan produk mereka, dan juga mempermudah pembeli dalam proses berbelanja dan bertransaksi secara online. Dari beberapa fitur yang dimiliki oleh Tiktok Shop, adapun yang akan dibahas kali ini adalah fitur pembayaran. Karena tidak sedikit orang yang masih merasa bingung dan tidak tahu bagaimana cara melakukan pembayaran, ketika berbelanja secara online. Perlu diketahui sekarang ini TikTok Shop menawarkan fitur pembayaran yang aman, mudah, dan cepat. Pembeli dapat membayar langsung dari halaman toko TikTok menggunakan berbagai metode pembayaran, termasuk kartu kredit atau dompet digital. Proses pembayaran juga sangat mudah dan cepat sehingga pembeli tidak perlu khawatir. Tak hanya itu, pembeli juga bisa melakukan pembayaran ditempat (COD) ketika barang pesanan diterima. 

Dalam setiap promosi penjualan tentunya diperlukan strategi yang baik, efektif dan dapat menarik para pembeli. Ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan oleh para penjual sebagai strategi promosi pejualan mereka. Salah satu bentuk strategi yang dinilai cukup efektif dilakukan di TikTok Shop yaitu dengan manfaatkan pemasaran influencer marketing. Sesuai dengan namanya, bentuk promosi ini dapat menjadi alat bantu bagi penjual dalam memasarkan produk mereka, di mana influencer akan memperkenalkan produk yang dipasarkan kepada para pengikutnya. Oleh karena itu, tidak heran bahwa sebanyak 86% penjual mempercayakan influencer sebagai sarana untuk meningkatkan penjualan dan brand awareness. Dengan catatan perjual perlu memilih influencer yang sesuai dengan target pasar, sehingga akan memberikan hasil yang optimal. 

Tik Tok Shop dapat mempengaruhi perilaku para pembeli dalam menentukan cara berbelanja mereka, dengan hadirnya TikTok Shop yang mempermudah proses belanja dan bertransaksi, menangkinkan orang akan lebih memilih berbelanja secara online ketimbang offline. Hal ini didukung dengan banyaknya pertimbangan antara belanja online dan offline. Orang-orang akan lebih tertarik dengan kemudahan, seperti belanja secara online yang tidak membutuhkan biaya tambahan. Sedangkan belanja secara offline tentu ada biaya tambahannya, seperti biaya transportasi. Dan dari segi harga juga cenderung relatif lebih murah berbelanja melalui online shop ketimbang offline shop. Selain itu, jika berbelanja secara online kita bebas mencari katalog produk yang dibutuhkan sampai benar-benar menemukan yang cocok. Hal tersebut mempengaruhi perilaku pembeli dalam proses mencari dan menentukan produk yang mereka butuhkan. Pembeli akan merasa lebih leluasa tanpa harus terburu-buru ketika berbelanja secara online.

TikTok Shop juga memberikan dampak bagi para penggunanya, baik itu dampak positif ataupun dampak negatif. Adapun beberapa dampak positif yang ditimbulkan oleh TikTok Shop ini, diantaranya yaitu TikTok Shop membantu konsumen membeli barang dari jarak juah, terutama yang malas keluar untuk membeli produk secara offline, harga yang dipatok juga relatif murah dari harga pasar, tersedianya layanan cepat, dan juga toko-toko di TikTok Shop dinilai lebih menarik ketimbang toko offline. 

Terlepas dari dampak positif yang ditimbulkan TikTok Shop dari segi pemasaran digtal, ada juga dampak negatif yang muncul seiring berkembangnya aplikasi TikTok Shop. Diantaranya TikTok Shop dianggap menyebabkan banyak usaha micro, kecil dan menengah di Indonesia bangkrut, dan juga TikTok Shop dapat menjadi "racun bagi para pembeli karena akan menimbulkan perilaku konsumif.

Dari pemaparan mengenai TikTok Shop diatas dapat disimpulkan, bahwa TikTok Shop ini adalah sebuah platform e-commerce dilengkapi dengan fitur yang memudahkan promosi, belanja, dan transaksi secara online. TikTok Shop juga dapat mempengaruhi perilaku pembeli secara signifikan dalam memilih berbelanja secara online karena menawarkan banyak kemudahan dan dengan biaya yang rendah. Untuk menarik para pembeli, biasanya penjual di TikTok Shop memiliki strategi promosi dengan memanfaatkan pemasaran melalui influencer marketing, cara ini dinilai sangat efektif dalam meningkatkan penjualan mereka Namun, para pembeli juga harus memiliki kesadaran ketika berbelanja melalui e-commerce TikTok Shop ini, karena seringkali tanpa sadar kita berbelanja sesuai dengan apa yang kita mau, bukan sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Hal seperti itulah yang akan menimbulkan perilaku yang konsumtif bagi para pengguna TikTok Shop, terutama bagi pembeli. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun