Bahasa Jawa, sebagai mata pelajaran yang diampu oleh penulis, merupakan pelajaran yang mudah, dan bahasanya biasa digunakan untuk sehari-hari. Namun, meski demikian siswa-siswi tetap merasa kesulitan dengan pembelajaran bahasa Jawa di sekolah. Mereka beranggapan, bahasa Jawa lebih sulit dibandingkan mata pelajaran lainnya.Â
Bahasa Jawa sangat erat hubungannya dengan aksara Jawa. Hal ini dikarenakan, menjadi materi yang identik dalam mapel Bahasa Jawa, siswa mengalami kesulitan dalam materi aksara Jawa. Aksara Jawa merupakan materi yang selalu ada dala setiap pemeblajaran Bahasa Jawa.Â
Sayangnya aksara Jawa dianggap sebagai hal yang sulit dan cenderung ketinggalan zaman menurut generasi saat ini. Aksara Jawa yang juga jarang dijumpai para siswa menjadi salahsatu faktor siswa mengatakan aksara Jawa sulit.Â
Faktor lain yang menyebabkan siswa kesulitan dalam mempelajar aksara Jawa adalah kurang bervariasinya model pembelajaran yang dilakukan oleh guru inilah yang menyebabkan siswa merasa jenuh dan kurang tertarik terhadap pembelajaran yang disampaikan guru.Â
Selain itu, kecakapan menulis dan membaca aksara Jawa siswa rendah, dalam mengajar, guru dalam menyampaikan materi pembelajaran di kelas hanya menggunakan satu metode saja yaitu dengan metode ceramah saja.Â
Ketika siswa sulit untuk memahami materi pelajaran yang disajikan dengan kurang menarik, maka dapat dipastikan siswa tidak akan bergairah dan termotivasi untuk mempelajari Aksara Jawa sehingga tujuan dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan tidak akan tercapai. kurangnya variasi, media, ataupun alat peraga untuk mendukung proses pembelajaran.Â
Tujuan dan manfaat yang diperoleh dalam gagasan pemecahan isu  ini adalah :
- Meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca dan menulis aksara Jawa dengan menggunakan media kartu aksara .
- Mengurangi kesalahan dalam menulis dan membaca aksara Jawa pada siswa.
- Memberikan pengenalan aksara Jawa pada siswa .
- Menggunakan media pembelajaran yang bervariatif dalam proses pembelajaran , maka pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan media kartu aksara.
- Menggunakan media pembelajaran yang lebih bervariatif dalam proses pembelajaran  dengan media kartu aksara.
Kondisi yang didapatkan setelah dan sebelum menggunakan kartu aksara Jawa mengalami peningkatan. adapun rroses pembelajaran dengan langkah-langkah.
- siswa dibagi dala kelompokÂ
- siswa diberikan projek membuat aksara jawa dalam sebuah kartu yang terdiri dari tiap tiap aksara dan pasanagan.
- secara berelompok siswa membuat kartu aksara.
- setelah kartu aksara jadi, siswa kemudian menerima instruksi dari guruÂ
- guru memberikan kalimat yang nantinya akan disusun siswa secara berkelompok.
- masng-masing kelompok menyusun secara bersama sama kalimat yang diberikan oleh guru secara berkelompok.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H