Mohon tunggu...
RENDY ABDI RAMADANA
RENDY ABDI RAMADANA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Bisnisman

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Konsep Manajemen Pemasaran

2 April 2024   12:14 Diperbarui: 2 April 2024   12:18 74
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Manajemen Pemasaran adalah proses perencanaan ,pelaksanaan dan pengendalian progam progam yang bertujuan menimbulkan pertukaran denan pasar yang dituju dengan maksut mencapai tujuan organisasi dan untuk menciptakan tujuan tujuan tertentu bagi perusahaan untuk memasarkan barang atau jasa kepada konsumen atau pembeli

definisi: Manajemen pemasaran adalah seni dan ilmu dimana memilih pasar dan mendapatkan dan mempertahankan konsumen dengan mengkomunikasikan nilai pelanggan bagi perusahaan barang atau jasa.

konsep-konsep utama dalam manajemen pemasaran

1. Produk

Produk ialah suatu barang atau jasa yang dapat diperjual belikan saat ini dalam ilmu marketing. produk bisa berupa apa saja yang dapat diperjual belikan ke konsumen dan akan memenuhi permintaan mengacu pada barang atau istilahnya .dan produk  dibagi menjadi dua kelompok yaitu barang dan jasa . barang ialah sesuatu yang bisa diraba ,dilihat ,dirasakan alias terwujud .sedangkan jasa ialah sesuatu yang tidak terwujud, tidak tampak ,contohnya seperti: tukang bengkel, tukang cukur dll.

2. merek atau brand

merek yang menghasilkan produk tersebut berbeda dengan produk lainya dan diharap dapat memudahkan pelanggan untuk mengambil keputusan apa yang akan digunakan atau dibeli. pertimbangan berbeda dan menyciptakan loyalitas merek ,loyalitas pelanggan terhadap suatu tanda atau tanda melalui pilihan pilihan konsumen.

3.  Pengambilan keputusan konsumen

proses pengambilan keputusan bagi pembeli membeli barang atau jasa pembeli dapat melakukan pengambilan keputusan terhadap barang yang dibeli. pengambilan keputusan bisa diartikan sebagai konsumen memeilih diantara berbagai alternatif yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan konsumen meliputi beberapa langkah ; pencarian informasi ,pengenalan masalah ,evaluasi dan pengambilan keputusan

4. Promosi terhadap merk

Promosi atau branding produk merupakan sesuatu yang sangat penting bagi pengusaha untuk memasarkan produknya. merek dapat menambah nilai bagi pelanggan potensial dapat memengaruhi nilai tambah kepada konsumen pada dasarnya janji kepada calon pelanggan yang memberitaukan konsumen melalui persaingan pasar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun