Manajemen Pemasaran adalah proses perencanaan ,pelaksanaan dan pengendalian progam progam yang bertujuan menimbulkan pertukaran denan pasar yang dituju dengan maksut mencapai tujuan organisasi dan untuk menciptakan tujuan tujuan tertentu bagi perusahaan untuk memasarkan barang atau jasa kepada konsumen atau pembeli
definisi: Manajemen pemasaran adalah seni dan ilmu dimana memilih pasar dan mendapatkan dan mempertahankan konsumen dengan mengkomunikasikan nilai pelanggan bagi perusahaan barang atau jasa.
konsep-konsep utama dalam manajemen pemasaran
1. Produk
Produk ialah suatu barang atau jasa yang dapat diperjual belikan saat ini dalam ilmu marketing. produk bisa berupa apa saja yang dapat diperjual belikan ke konsumen dan akan memenuhi permintaan mengacu pada barang atau istilahnya .dan produk  dibagi menjadi dua kelompok yaitu barang dan jasa . barang ialah sesuatu yang bisa diraba ,dilihat ,dirasakan alias terwujud .sedangkan jasa ialah sesuatu yang tidak terwujud, tidak tampak ,contohnya seperti: tukang bengkel, tukang cukur dll.
2. merek atau brand
merek yang menghasilkan produk tersebut berbeda dengan produk lainya dan diharap dapat memudahkan pelanggan untuk mengambil keputusan apa yang akan digunakan atau dibeli. pertimbangan berbeda dan menyciptakan loyalitas merek ,loyalitas pelanggan terhadap suatu tanda atau tanda melalui pilihan pilihan konsumen.
3. Â Pengambilan keputusan konsumen
proses pengambilan keputusan bagi pembeli membeli barang atau jasa pembeli dapat melakukan pengambilan keputusan terhadap barang yang dibeli. pengambilan keputusan bisa diartikan sebagai konsumen memeilih diantara berbagai alternatif yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan konsumen meliputi beberapa langkah ; pencarian informasi ,pengenalan masalah ,evaluasi dan pengambilan keputusan
4. Promosi terhadap merk
Promosi atau branding produk merupakan sesuatu yang sangat penting bagi pengusaha untuk memasarkan produknya. merek dapat menambah nilai bagi pelanggan potensial dapat memengaruhi nilai tambah kepada konsumen pada dasarnya janji kepada calon pelanggan yang memberitaukan konsumen melalui persaingan pasar