Mohon tunggu...
Rendi Yulio Pramudita
Rendi Yulio Pramudita Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Aktif Universitas Pembangunan Jaya - Prodi Informatika

Mahasiswa Universitas Pembangunan Jaya, Prodi Informatika

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pentingnya Kepatuhan Hukum dalam Pengelolaan Teknologi Informasi

3 April 2024   01:53 Diperbarui: 3 April 2024   03:03 138
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam era digital yang semakin maju, pengelolaan teknologi informasi (TI) telah menjadi salah satu kunci utama bagi mencapai tujuan bisnis dan meningkatkan efektivitas organisasi. Tetapi, penggunaan teknologi informasi tidak hanya mengandung keuntungan, tapi juga berbahaya dengan risiko yang tidak dapat diterima. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan organisasi untuk mematuhi berbagai regulasi dan standar yang berlaku dalam penggunaan teknologi informasi.

Pentingnya Kepatuhan Hukum

Kepatuhan hukum dalam mengelola teknologi informasi sangat penting dalam era saat ini. Pakar TI Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, M.Kom., Ph.D., ITIL., Cobit., CLA menyampaikan bahwa kepatuhan hukum dalam pengelolaan TI penting untuk mengelola risiko yang terkait dengan penggunaan teknologi informasi, seperti pelanggaran keamanan informasi, atau masalah hukum. Pengelolaan TI yang baik memerlukan tata kelola yang efektif dan kepatuhan hukum yang tepat. 

Tata kelola TI merujuk pada kerangka kerja yang digunakan untuk mengelola dan mengawasi penggunaan teknologi informasi dalam organisasi. Jadi dengan adanya pengelolaan TI yang patuh dengan hukum dapat meningkatkan meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional organisasi.

Mengapa Kepatuhan Hukum Penting?

Kepatuhan hukum dalam pengelolaan TI sangat penting karena dapat memberikan manfaat yang besar, antara lain:

1.Meningkatkan efisiensi dan efektivitas

Dengan menerapkan tata kelola TI yang tepat, organisasi dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas penggunaan teknologi informasi. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas dan mempercepat pencapaian tujuan bisnis.

2.Meningkatkan kualitas layanan

Tata kelola TI membantu organisasi untuk mengelola layanan teknologi informasi dengan lebih baik. Hal ini dapat meningkatkan kualitas layanan yang diberikan oleh organisasi kepada pelanggan dan karyawan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun