Mohon tunggu...
Yayat Suratmo
Yayat Suratmo Mohon Tunggu... -

im just nothing

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Halus di Mesin Garang di Jalan...

4 Mei 2016   16:14 Diperbarui: 9 Mei 2016   09:37 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Dulu, motor matik identik sebagai kendaraan kaum hawa.  Memang sejumlah pabrikan otomotif ketika pertama kali mengelurkan produk matik, kecenderungan desainnya diperuntukan bagi perempuan. Tidak terkecuali Honda Vario, yang mendaulat Agnes Monica sebagai brand ambassador.

Tapi sekarang, motor matic tidak lagi seperti dulu. Terutama dari segi mesin dan desain. Contohnya, Honda Vario 150 eSP, skuter matik keluaran pabrikan Honda yang dirilis Februari silam. Honda Vario 150 eSP adalah skuter matik pertama di Indonesia yang mengusung mesin 150 cc.

Sesuai namanya, skuter matik ini dibekali mesin berteknologi eSP (Enchanced Smart Power), yakni teknologi yang memungkinkan mesin mengalami peningkatan daya tahan, lebih bertenaga,  irit bahan bakar, sementara suara mesin tetap halus sebagaimana sejatinya produk-produk motor matik keluaran Honda.

Teknologi eSP bekerja dengan meningkatkan fungsi pembakaran melalui rotasi vertikal pada saat pencampuran bahan bakar dengan udara. Selain itu, teknologi ini juga menghasilkan gesekan yang minim, sehingga menghindari bahan bakar terbuang percuma. Hasilnya, performa mesin jauh lebih sempurna. Performa mesin Honda Vario 150 eSP juga semakin mengkilap dengan besutan teknologi PGM-FI yang telah digunakan Honda sejak satu dasarwarsa terakhir.

Bukan itu saja, Honda juga membenamkan sistem berhenti otomatis bertajuk Idling Stop System (ISS). Jadi, ketika motor  dalam kondisi iddle (tidak beraktifitas) di tengah jalan, misalnya di lampu merah atau saat pengendara menerima telepon, mesin akan mati selama 3 detik. Namun, jangan kuatir berkat inovasi terdepan Honda, mesin akan hidup kembali bila gas ditarik. Artinya, selama kendaraan iddle, tidak ada tenaga atau bahan bakar yang terbuang.  

Dalam hal iginition, New Vario 150 eSP menggunakan teknologi Alternating Current Generator (ACG) Starter yang sejak beberapa tahun belakangan sudah digunakan oleh Honda pada produk-produk motor teranyar. Fitur ACG Starter memiliki beberapa keunggulan, antara lain, mengurangi getaran dan bunyi saat menyalakan mesin motor. Kemudian mengurangi konsumsi BBM lantaran menggunakan sistem decompression yang mempermudah kerja piston, selanjutnya dapat mengisi secara otomatis serta menjamin perawatan motor karena tidak menggunakan brush yang umumnya  terdapat pada dinamo konvensional.

Performa New Vario 150 eSP juga semakin sempurna dengan mengusung sistem CBS (Combi Brake System) yaitu sistem pengereman roda depan dan belakang yang bisa dilakukan dengan sekali tarik tuas pada rem kiri. Namun untuk mendapatkan pengereman maksimal, kedua tuas rem sebaiknya tetap ditarik sebab implementasi sistem CBS oleh Honda di Indonesia sedikit berbeda dengan sistem CBS internasional. Tapi sekali lagi, itu tidak mengurangi fungsi rem New Vario 150 eSP, sehingga pengendara tetap mendapatkan kenyamanan maksimal saat berakselerasi.

Desain Agresif

Dari segi desain, New Vario 150 eSP mengusung konsep sportif dan agresif. Pada bagian depan, buritan bodi tetap mengusung konsep lekukan yang membentuk huruf “V” sebagaimana produk Vario lainnya. Namun pada New Vario 150 eSP, lekukan tampak lebih kaku dan tajam sehingga ‘moncong’ depannya yang menjorok ke depan terlihat gagah.

Berkelasnya bagian depan skuter matik ini semakin terkonfirmasi dengan lampu LED Dual Keen Eyes Headlight. Bahkan di atas head lamp yang berbentuk sayap atau sirip memanjang ke atas tersebut, terdapat lampu sein sehingga kesan garang semakin kentara. Saat dipakai di malam hari, lampu begitu tajam menyorot ke depan dengan penerangan yang jelas dan fokus.

Selanjutnya kesan premium juga terlihat pada konsep panel depan di atas kemudi. Desain panel New Vario 150 eSP berkonsep futuristik dengan penuinjuk atau indikator yang informatif. Tidak hanya itu, fitur pada dashboard di panel penguncian juga tersaji lengkap, lantaran sudah dilengkapi dengan sistem Remote Answer Back System (R-ABS).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun