Mohon tunggu...
Renata Martatiana
Renata Martatiana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogykarta Angkatan 2020

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengenal New Media Melalui CNN Indonesia

2 September 2022   12:29 Diperbarui: 5 September 2022   08:20 599
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: cnnindonesia

Adanya digitalisasi serta perkembangan internet yang sangat pesat saat ini menjadi salah satu faktor pendorong kehadiran new media di kehidupan kita. Mungkin, terkadang kita tidak menyadari bahwa new media sudah menjadi suatu hal yang tak dapat dipisahkan dari semua kegiatan yang berkaitan dengan penggunaan internet serta media sosial. New media yang semakin lama semakin berkembang di masyarakat luas secara langsung membawa perubahan dalam berbagai aspeknya.

Mengenal Apa Itu New Media
Dalam bukunya, Widodo (2019) menyatakan bahwa istilah New Media ini hadir  sebagai bentuk komunikasi elektronik yang digunakan dalam teknologi komputer atau digital. Biasanya, dalam media baru ini banyak ditemukan konten-konten yang dibuat sesuai dengan permintaan atau kebutuhan saat itu. Kemudahan yang dimiliki media baru ini juga mengefektifkan segala interaksi yang terjadi antar manusia melalui konten-konten di dalamnya.  Contoh dari media baru antara lain seperti, situs web atau blog, situs streaming, media sosial, portal berita online, game online, dan masih banyak lagi.

Perkembangan media baru yang sangat pesat dan dengan mudah diterima di masyarakat ini terkadang bertentangan dengan media konvensional yang sudah ada lebih dulu. Perkembangan media baru yang dirasa menjadi lebih dinamis inilah yang mengakibatkan media konvensional seperti surat kabar, televisi, radio dan semacamnya harus menghadapi berbagai tantangan untuk mempertahankan keberadaannya di tengah-tengah masyarakat.

Meluasnya media sosial saat ini melahirkan interaksi antar masyarakat sebagai pencari informasi dengan penyedia informasi digital yang dikenal sebagai jurnalisme warga. Hal tersebut menyebabkan eksistensi dari keberadaan media konvensional yang  terus berkurang karena terbatasnya ruang dan waktu. 

Karakteristik New Media
Dalam (Widodo, 2019, h. 23-25) terdapat enam karakteristik yang menjadi ciri khas dari New Media yaitu:


A. Digital
Perkembangan dan pertumbuhan teknologi digital ini membuat informasi-informasi terdigitalisasi sehingga informasi dapat memudahkan adanya transmisi informasi secara lebih cepat melalui kabel dan satelit. Adanya digitalisasi ini juga menjadi faktor terciptanya konvergensi teknologi.


B. Interactivity
Adanya interaksi dua arah dalam media baru ini membuat media lebih berwarna dan hidup. Interaksi dua arah yang dimiliki oleh media baru ini menciptakan budaya yang lebih partisipatif dan keterlibatan antara pembuat informasi dan penerima informasi.

C.Hypertextual
Hypertext dalam media baru ini memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi rujukan.

D. Jaringan (Global)
Adanya jaringan global yang dimiliki oleh media baru ini memudahkan masyarakat untuk mendapatkan sumber informasi yang lebih luas serta dapat meningkatkan collective intelligent  masyarakat.

E. Virtual
Virtual dalam media baru ini menyajikan konten berunsur audio-visual yang berfungsi untuk  menyajikan realitas yang terkadang berbeda dari face to face ke lived reality.


F.Simulated
Simulasi dalam media baru ini berfungsi merepresentasikan apa yang sedang terjadi menjadi sebuah simulasi. Simulasi sendiri dapat dilihat dengan jelas di berbagai kehidupan virtual dengan melalui teknologi digital.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun