Mohon tunggu...
Renata Faradillah
Renata Faradillah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi : Badminton

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi 5

26 Oktober 2022   17:25 Diperbarui: 26 Oktober 2022   17:32 32
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

1. Apa yang Anda lakukan dalam proses tersebut (mulai dari tugas pra geladi hingga hari H selesai)

Yang saya lakukan dalam proses geladi dimulai dengan mengerjakan tugas pra geladi yang diberikan pada saat seminggu sebelum acara geladi, kemudian saya mengikuti acara geladi yang dilakukan secara online selama kurang lebih 6 jam. Dalam acara inti geladi tersebut pertama-tama yang saya lakukan adalah mendengarkan pembukaan kemudian mendengarkan materi dan di lanjutkan dengan presentasi kelompok. Setelah itu terdapat satu kelompok yang memenangi presentasi materi dan di akhiri dengan menyanyikan lagu mars UNPAR dan berdoa.

2.  Apa refleksi pengalaman Anda terkait geladi Hominisasi

Setelah mengikuti acara geladi Hominisasi ini, banyak sekali hal-hal positif yang saya dapatkan seperti belajar berani presentasi di depan banyak orang, belajar memanajemen waktu dengan baik dan menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya. Saya juga belajar berkomunikasi dengan baik dengan orang-orang yang brau saya kenal.

3. Menurut Anda, setelah mengikuti geladi Hominisasi, mengapa perlu kemampuan menggunakan logika dan bahasa sebagai warga negara?

Menurut saya dengan menggunakan logika dan bahasa yang baik sebagai warga negara akan membuat kita dapat memilah mana yang baik dan mana yang buruk contohnya dalam membaca berita, sekarang ini banyaj sekali bertebaran berita hoax yang menimbulkan perpecahan, dengan menggunakan logika kita dapat memilah dalam membaca berita yang ada, jadi tidak termakan oleh berita hoax. Dalam kemampuan berbahasa yang baik dapat membuat kita senagai warga negara indonesia yang memiliki banyak keragaman bahasa menadji bersatu.

4.  Apa manfaat yang Anda dapatkan setelah mengikuti geladi Hominisasi.

Manfaat yang saya dapatkan setelah mengikuti geladi Hominisasi yaitu saya belajar menjadi lebih pervaya diri untuk berbucara di delan banyak orang, selain itu saya juga belajar dan jadi tahu kebudayaan kampung Naga yang berada di Tasik, saya juga memiliki teman baru dan mengenal teman dari jurusan lain.

5. Bagaimana kemampuan yang secara singkat Anda pelajari dalam geladi Hominisasi akan Anda terapkan dalam perjalanan kuliah? Bagaimana cara Anda meningkatkan kemampuan Anda dalam berpikir, berbahasa sebagai warganegara?

Dalam perjalanan kuliah kemampuan dalam geladi Hominisasi yaitu mampu berpresentasi di kelas baik secara daring ataupun luring, mampu membagi waktu dengan bijak. Cara saya meningkatkan kemampuan dalam berpikir dan berbahasa yaitu dengan rajin membaca banyak jenis buku.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun