Minuman es kopi susu pastinya sangat dikenal oleh seluruh orang dikarenakan rasanya sangat enak. Akan tetapi, dengan beberapa tambahan bahan makanan, minuman es kopi susu yang sudah sangat kita kenal ini akan menjadi minuman yang jauh lebih enak dibandingkan yang biasanya.Â
Lebih enak lagi jika kita dapat menghasilkan uang dari minuman tersebut. Cukup dengan modal kecil, maka kita sudah dapat membuatnya. Berikut analisa kami mengenai keuntungan penjualan minuman es kopi susu regal.
Untuk membuat satu gelas membutuhkan bahan:
- Nescafe classic      Secukupnya
- Susu cair            250ml
- Marie regal         3 keping
- Es batu             Secukupnya
- Gula aren           Secukupnya
- Air gula             Secukupnya
Catatan:
- Marie regal 1 bungkus isi 27 pcs. 1 bungkus marie regal bisa cukup untuk 9 gelas. Jadi, membutuhkan sekitar 7 bungkus untuk bisa membuat 60 gelas.
- Kopi telah dibuat.
- Botol kecap plastik (untuk meletakkan gula aren yang telah dilarutkan).
- Pipet, isi 16 tiap 1 plastik, 1 plastik Rp9.000. Sehingga diperlukan 4 plastik, total pipet = 64.
- Kantong plastik tenteng, isi 70pcs, harganya Rp 8.250.
- Tutup gelas 1 isinya 50, dengan harga Rp 4.000. Untuk gelas, isi 50 harga Rp 9.000. Harga satuan dari tutup adalah Rp 80 dan untuk gelas Rp 180.
- Air dan gula dilarutkan menjadi air gula.
Cara Membuat Es Kopi Susu Regal
1. Siapkan shaker lalu tuangkan nescafe ke dalamnya.
2. Tambahkan susu cair, gula aren, air gula dan terakhir ambil 2 keping biskuit Marie Regal dan hancurkan.
3. Shake hingga semuanya tercampur rata.
4. Masukkan batu es ke cangkir saji.
5. Tuangan isi shaker ke cangkir saji.
6. Tambahkan 1 biskuit Marie Regal sebagai topping-nya.
7. Nikmat Es Kopi Susu Regal!
Modal Bahan Baku
- Nescafe classic (1 renceng) Â Â Â Â Â Rp 6.000
- Susu cair (1 liter) Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Rp 17.000
- Marie regal (1 bungkus) Â Â Â Â Â Â Â Â Rp 15.900
- Es batu (1 karung) Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Rp 10.000
- Gula aren (1 kg) Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Rp 22.000
- Gula pasir (1 kg) Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Rp 15.000
- Air galon (1 galon) Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Rp 5.000
Sehari membuat 60 gelas, sehingga bahan yang dibutuhkan adalah:
- Nescafe classic   2 renceng * Rp 6.000 = Rp 12.000
- Susu cair         15 Kotak (1 liter) * Rp 17.000 =  Rp 255.000
- Marie regal      7 bungkus * Rp 15.900 = Rp 111.300
- Es batu           2 karung * Rp 10.000 = Rp 20.000
- Gula aren         3 kg * Rp 22.000 =  Rp 66.000
- Gula pasir        2 kg * Rp 15.000 = Rp 30.000
- Air galon         1 galon * Rp 5.000 = Rp 5.000
Total  = Rp 499.300
Untuk satu bulan, membutuhkan Rp 499.300 * 30 = Â Rp 14.979.000.
Alat dan Pengeluaran Bulanan
Modal Alat
- Shaker          Rp 90.000
- Botol kecap     2 * Rp 10.000 = Rp 20.000
- Cooler box      Rp 150.000
- Booth           Rp 750.000
Total  = Rp 1.010.000
Modal Alat yang Harus Dibeli Setiap Bulannya
- Pipet                           Rp 36.000
- Tutup gelas                     Rp 4.000
- Kantong plastik tenteng        Rp 8.250
- Gelas                           Rp 9.000
Total  =  Rp 57.250
Pengeluaran Bulanan
- Sewa tempat                    Rp 500.000
Total  =  Rp 500.000
Perhitungan Keuntungan
Dianggap 1 hari menjual minimal 60 gelas. 1 gelas harganya : Rp 10.000.
Maka laba kotor dalam 1 hari adalah  60 * Rp 10.000 = Rp 600.000. Lalu untuk 1 bulan laba kotornya adalah Rp 600.000*30 = Rp 18.000.000.
Biaya alat dan bahan perbulan = Rp 14.979.000 + Rp 57.250 = Rp 15.036.250.
Laba bersih bulanan = Laba kotor bulanan – Total biaya bahan bulanan – Biaya variabel (Sewa tempat)
 = Rp 18.000.000 - Rp 15.036.250 - Rp 500.000
 = Rp 2.463.750.
Lamanya Balik Modal
Lamanya balik modal = Total biaya peralatan / Laba bersih bulanan = 1010000 / 2463750 = 0.4099 bulan
Dikonversikan ke hari = 0.4099 * 30 = Â 12.2983 hari
Dikonversikan ke jam = Â 12.2983 *24 = 295.1598 jam
Jadi, lamanya balik modal diperlukan sekitar 13 hari atau 296 jam.
Target Pasar
Target pasar utama dari produk ini adalah anak muda seperti mahasiswa. Dengan mahasiswa sebagai target pasar utama, bukan berarti mahasiswa saja yang dapat membelinya. Orang tua, remaja dan anak – anak tentu saja dapat membelinya juga.
Lokasi
Karena target pasar utama adalah mahasiswa, maka lokasi yang paling strategis untuk memulai bisnis ini yang dapat meningkatkan penjualan produk minuman adalah sekitar lingkungan kampus.
Tips
Untuk meningkatkan penjualan, Anda bisa:
- Melakukan promosi di media sosial dan lain – lain.
- Menghias gelas produk untuk membuatnya menjadi semenarik mungkin misalnya dengan menambah merek dan gambar menarik.
- Membuat tampilan booth lebih menarik misalnya dengan menambahkan banner agar orang tertarik untuk mengunjungi booth dan mencoba minuman yang dijual.
Christin Elsa Dhebora
Jorgi Antonius Karlia
Renaldi Fernando
Universitas Katolik Musi Charitas Palembang
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI