Mohon tunggu...
Renaldi
Renaldi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Manajemen dan Bisnis UMY - Anggota Drum Corps UMY dan Anggota Komunitas Youthpreneur FEB UMY

Entrepreneur muda adalah diri saya, berjualan adalah hobi saya untuk membangun skils saya

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

UMKM: Pentingnya Digital Marketing bagi Para Pelaku UMKM

19 Mei 2023   21:06 Diperbarui: 19 Mei 2023   21:09 73
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Penggunaan teknologi digital dalam pemasaran produk dan jasa menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling efektif digunakan oleh perusahaan. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya usaha kecil dan menengah yang menggunakan digital marketing untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang pentingnya digital marketing bagi UMKM.

1. Meningkatkan Visibilitas dan Memperluas Jangkauan Pasar

Di era digital, penggunaan internet semakin meningkat dan menjadi salah satu sumber informasi terpenting bagi konsumen. Oleh karena itu, pemasaran digital dapat membantu UMKM meningkatkan visibilitas online mereka. Dengan menggunakan media sosial, situs web, dan mesin pencari, UMKM dapat menjangkau konsumen potensial di seluruh dunia.

2. Meningkatkan Interaksi Konsumen

Pemasaran digital juga memungkinkan UMKM untuk terlibat dengan konsumen secara lebih efektif. Melalui media sosial, UMKM dapat memberikan informasi terkini tentang produk dan layanan mereka, menyelesaikan masalah pelanggan dan membangun koneksi dengan konsumen. Dengan cara ini, konsumen merasa lebih dekat dengan UMKM dan cenderung memilih produk atau jasa yang mereka tawarkan.

3. Meningkatkan Kecepatan dan Efisiensi Pemasaran

Dengan bantuan pemasaran digital, UMKM juga dapat menerapkan pemasaran dengan lebih cepat dan efisien. Dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional seperti iklan televisi atau media cetak, pemasaran digital memungkinkan UMKM memproduksi dan mendistribusikan konten dengan lebih murah dan cepat. Hal ini memungkinkan UMKM untuk mencapai target pasar mereka lebih efektif dan efisien.

4. Memungkinkan Pemantauan dan Analisis yang Lebih Terperinci

Dalam pemasaran digital, UMKM dapat mengamati dan menganalisis perilaku konsumen lebih dekat. Dengan alat analitik yang tersedia seperti Google Analytics, UMKM dapat mengetahui jumlah pengunjung situs web mereka, hasil penjualan, dan sumber lalu lintas. Hal ini memungkinkan UMKM untuk mengevaluasi strategi pemasaran mereka dan menyesuaikan strategi mereka dengan kebutuhan pasar.

5. Memberikan Peluang untuk Pertumbuhan Bisnis

Pemasaran digital dapat membantu UMKM meningkatkan penjualan dan menciptakan peluang untuk pertumbuhan bisnis. Dengan meningkatkan visibilitas, meningkatkan keterlibatan konsumen, meningkatkan efektivitas pemasaran, dan melacak perilaku konsumen, UMKM dapat meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis mereka lebih lanjut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun