Mohon tunggu...
Rena Herlina
Rena Herlina Mohon Tunggu... Mahasiswa - IPB University

Mahasiswa IPB University

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Peluang dan Potensi Fashion Halal di Indonesia

5 Maret 2024   15:35 Diperbarui: 5 Maret 2024   15:51 367
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Islam memandang pakaian hanya sebagai benda untuk bisa menutup aurat, namun itu juga dapat menjadi alat untuk berhias diri asal masih dengan batas wajar dan sesuai dengan syariat. Dari dulu hingga sekarang fashion halal tahun ke tahun kian berkembang seiring dengan pergantian zaman. Jika dulu hijab hanya digunakan untuk menutup aurat, tetapi sekarang hijab sudah bisa dipadukan dengan berbagai style yang menarik tanpa melanggar syariat.

Masyarakat Muslim semakin antusias untuk menggunakan busana Muslim khususnya Muslimah memberikan, itu dapat memberikan ruang bagi para produsen busana Muslim untuk mengembangkan industrinya lebih luas dan memicu persaingan industri busana Muslim yang saling berkompetisi.

Peluang Fashion Halal di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya Muslim. Berdasarkan data Worldpopulationreview, Indonesia merupakan negara dengan penduduk Muslim terbesar pada 2021, yakni sebanyak 231 juta jiwa. Menurut The State of Global Islamic Economy (SGIE) Report 2023 yang diluncurkan DinarStandart di Dubai, Uni Emirat Arab, Selasa (26/12/2023), Indonesia menduduki peringkat ketiga dalam Top 10 Modest Fashion dunia, setelah Malaysia dan Arab Saudi.

Peluang Fashion Halal di Indonesia

  • Kebutuhan Pasar

Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki pasar yang besar untuk produk fashion halal. Permintaan akan pakaian yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam semakin meningkat di kalangan masyarakat Muslim yang ingin tampil modis namun tetap sesuai dengan nilai-nilai keagamaan.

  • Kepatuhan Terhadap Nilai-Nilai Agama

Masyarakat Indonesia yang mayoritas nya Muslim cenderung lebih memilih pakaian yang sesuai dengan aturan syariat Islam. Ini menciptakan permintaan yang kuat untuk pakaian yang memenuhi standar kehalalan dalam bahan, desain, dan pemakaian.

  • Inovasi dan Kreativitas

Pelaku industri fashion di Indonesia semakin inovatif dalam merancang produk-produk fashion halal yang menarik dan beragam. Sekarang sudah banyak brand yang menyediakan fashion halal yang menarik dan beragam tanpa melanggar syariat.

  • Potensi Ekspor

Selain memenuhi kebutuhan pasar domestik yang besar, produk fashion halal dari Indonesia juga memiliki potensi untuk diekspor ke pasar internasional. Hal ini dapat membuka peluang bisnis yang lebih luas dan meningkatkan pemasukan devisa negara.

Dengan semua faktor di atas, meyakinkan bahwa industri fashion halal banyak digemari oleh semua kalangan, oleh karena itu industri fashion halal di Indonesia memiliki potensi yang besar untuk terus tumbuh dan berkembang dalam menghadapi permintaan yang semakin tinggi dari konsumen baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun