Mohon tunggu...
Rena Aviolina
Rena Aviolina Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah salah satu mahasiswa di salah satu Universitas yang berada di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Saya sangat menyukai kegiatan dalam bidang bisnis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Implementasi Fungsi Manajemen dalam Bisnis pada Usaha Bakery MZ13 Kitchen di Banyuwangi

7 Januari 2023   19:45 Diperbarui: 7 Januari 2023   19:55 631
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Manajemen Bisnis memiliki peranan yang sangat penting dalam perkembangan bisnis, Manajemen bisnis  sendiri memiliki beberapa fungsi yang di antara nya yaitu, perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (directing) dan pengawasan (controlling). Keempat fungsi tersebut memiliki peranan masing-masing dalam penerapannya

Perencanaan merupakan langkah dalam menentukan arah manajemen yang akan dicapai. Setelah itu pengorganisasian merupakan tahap pengelompokan dalam menentukan segala sesuatu yang berkaitan dengan proses manajemen. Kemudian pengarahan dimana seseorang yang memiliki wewenang memberikan arahan kepada individu lainnya, sesuai dengan tujuan dan pengelompokan yang telah ditentukan dalam tahap pengorganisasian. Pengawasan di definisikan sebagai suatu kegiatan dimana seseorang memperhatikan kegiatan yang dilakukan oleh individu lain dalam menjalankan suatu kegiatan agar terlaksana tepat sesuai dengan yang sudah di rencanakan.

MZ13 Kitchen sudah eksis sejak 2020 di Kabupaten Banyuwangi. MZ13 Kitchen merupakan salah satu usaha dalam bidang bakery yang masih mempertahankan kualitas maupun rasa, meskipun usaha ini belum membuka toko secara offline atau masih berada di rumah (penjualan secara online) tetapi pemilik usaha mampu mempertahankan usahanya, hal ini tak luput dari penerapan fungsi manajemen strategi.

Meskipun penjualan dilakukan secara online tetapi produk  tidak kalah jauh dengan produk bakery lain yang melakukan penjualan secara offline atau membuka toko,karena selain dari segi kualitas dan  rasa penerapan strategi pemasraan yang dilakukan MZ13 Kitchen tidak pernah dilupakan.

Untuk bisa bersaing dengan bisnis bakery lainnya, MZ13 Kitchen telah memiliki beberapa strategi. Salah satunya dengan meningkatkan penjualan secara online maupun offline agar tidak tergeser dengan usaha bakery lainnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun