Mohon tunggu...
Tina Sri Hartati
Tina Sri Hartati Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

Setiap coretan tinta dari pena kehidupan seseorang akan membekas ketika terekam dalam tulisan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Berkeliling Dunia dengan Internet

24 Desember 2014   09:11 Diperbarui: 17 Juni 2015   14:34 79
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Internet, rasanya hampir setiap hari saya mengakses internet meskipun hanya untuk melihat akun pribadi disalah satu sosial media, ketika berada dirumah biasanya saya disibukkan oleh beberapa permintaan para tetangga untuk dicarikan informasi mengenai pertanian, peternakan, resep kue dan lain sebagainya, bahkan mereka pun terkadang bertanya mengenai harga barang elektronik. Bahkan ketika saya berada di luar kota pun mereka masih sering mengajukan beberapa pertanyaan kepada saya, sungguh suatu ironi ketika penduduk diperkotaan sudah bisa berkeliling dunia dengan internet justru penduduk dipedesaan masih harus mengandalkan orang lain hanya untuk mencari tahu mengenai harga lemari es. Bukannya mereka tidak mau hanya saja mereka belum mampu untuk menyadari manfaat dari internet karena belum ada yang memperkenalkan internet kepada mereka, jika mereka ditanya mengenai kegunaan internet, kebanyakan dari mereka mungkin akan menjawab "Internet itu buat facebook-kan atau twitter-an". Ya hampir sebagaian besar penduduk di pedesaan mengetahui kegunaan internet hanya untuk  mengakses sosial media, ini disesuaikan dengan fasilitas yang mereka punyai yaitu handphone. Hampir disemua merek handphone dengan kisaran harga termurah 300 ribu hingga jutaaan rupiah telah memiliki aplikasi Facebook dan Twitter.

Ketidak-merataan pengguna internet di Indonesia adalah dampak dari kurangnya perhatian masyarakat terhadap pendidikan yang berimbas pada semangat berteknologi, sedangkan kompetensi kerja sangat menghargai lebih kepada seseorang yang memiliki keahlian di bidang ini. Jangankan untuk mengakses internet, hanya untuk mengetik saja mereka masih harus meraba-raba.

Jika saya diberikan kesempatan oleh indosat untuk menikmati internet gratis selama setahun, maka saya akan melakukan hal-hal sebagai berikut :

1 Membuat buku resep makanan dan resep kue, untuk lebih memberdayakan ibu-ibu rumah tangga di kampung halaman karena ketika hari raya menjelang mereka selalu disibukkan dengan berbagai pesanan kue. Ini adalah salah satu keinginan ibu saya, namun masih terganjal sulitnya mendapatkan akses internet yang nyaman untuk digunakan.

2. Membuat buku mewarnai “Asmaul Husna” untuk saya bagikan kepada seluruh guru di beberapa madrasah yang tersebar di sekitar tempat tinggal, ini merupakan salah satu keprihatinan saya para guru yang mengajar di TPA dan TKA juga PAUD yang masih mengalami kesulitan dalam mencari media pembelajaran khususnya buku mewarnai.

3. Anak usia sekolah di kampung halamanku kurang lebih berjumlah 60 orang dan hampir semua dari mereka diberi kesempatan untuk dapat mengoperasikan komputer hanya pada saat di sekolah saja itupun dalam waktu kurang lebih 2 jam pelajaran dalam seminggu. Dengan internet gratis ini saya ingin memperkenalkan dunia komputer kepada anak-anak usia sekolah dengan metode permainan, diawali dengan belajar mengetik. Untuk anak dengan keterampilan mengetik terbaik secara cepat dan tepat akan diberikan hadiah internetan gratis selama 2 jam. Materi secara bertahap akan diberikan kepada mereka hingga akhirnya mereka dapat mengoperasikan komputer juga perangkat pendukung lainnya dengan iming-iming hadiah internetan gratis.

4. Dengan internet gratis selama setahun saya ingin mengembangkan usaha budidaya jamur tiram yang saya bangun bersama teman-teman di kampung halaman agar dapat dikenal banyak orang, dengan cara mempromosikannya lewat sosial media, pemasangan iklan dan yang paling penting membuat link dimana kami yang sedang merintis usaha dapat memberikan inspirasi bagi yang lainnya dan dapat bertukar pikiran dengan para pengusaha melalui kepenulisan di blog.

5. Seringnya saya dimintai tolong untuk membuat kurikulum untuk beberapa madrasah dan juga dengan bekal ilmu yang saya dapat dibangku kuliah tentang pembuatan kurikulum, saya harap dengan internet gratis selama setahun ini saya dapat memberikan pelatihan kepada guru-guru madrasah untuk dapat mengembangkan diri dalam pembuatan kurikulum secara mandiri dan terpadu.

6. Dengan internet gratis selama setahun, saya ingin memperkenalkan seluruh dunia kepada warga desa dan ingin lebih bisa memfasilitasi hobi semua anak-anak dengan memberikan informasi mengenai hobi mereka yang bisa saya dapatkan melalui internet.

Inilah hal sederhana yang ingin saya bagikan jika saya bisa menikmati internet gratis selama setahun, senang rasanya bisa berbagi ditengah keterbatasan yang semakin terlihat kontras.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun