Mohon tunggu...
Reiyhan Abdillah Mudzakir
Reiyhan Abdillah Mudzakir Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

Perkenalkan saya adalah seorang mahasiswa salah satu universitas di tangsel

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

AI pada Aplikasi GO-JEK

7 Mei 2023   06:55 Diperbarui: 7 Mei 2023   07:05 3613
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

GO-JEK adalah salah satu perusahaan teknologi di Indonesia yang berfokus pada jasa transportasi, pengiriman barang, dan layanan finansial. GO-JEK menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) pada aplikasinya untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan efisiensi operasional.Salah satu contoh penerapan AI pada aplikasi GO-JEK adalah pada fitur prediksi estimasi waktu kedatangan (ETA) yang memanfaatkan machine learning.

Fitur ini memperkirakan waktu tiba pengemudi dengan mempertimbangkan banyak faktor seperti lokasi pengemudi, kondisi lalu lintas, waktu tempuh, dan lainnya.

GO-JEK juga menggunakan AI pada sistem rekomendasi makanan pada layanan GO-FOOD, di mana sistem tersebut mempelajari preferensi dan kebiasaan pengguna untuk memberikan rekomendasi makanan yang lebih relevan.

Penerapan AI pada aplikasi GO-JEK membawa banyak manfaat, seperti meningkatkan efisiensi dan akurasi prediksi ETA, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan meningkatkan produktivitas pengemudi. Selain itu, GO-JEK juga berencana untuk terus mengembangkan teknologi AI untuk meningkatkan layanan mereka di masa depan.

Gojek sebagai layanan platform digital terkemuka di Indonesia, telah mengadopsi teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk meningkatkan kualitas layanan dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.Salah satu contoh penerapan AI di Gojek adalah penggunaan chatbot di aplikasi mereka. Chatbot ini menggunakan teknologi Natural Language Processing (NLP) yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan aplikasi melalui bahasa sehari-hari yang lebih mudah dipahami. Dengan adanya chatbot, pengguna dapat dengan mudah melakukan berbagai tugas seperti memesan layanan Gojek, mengecek status pesanan, dan mendapatkan informasi lainnya secara otomatis.

Selain itu, Gojek juga menggunakan AI untuk melakukan analisis data dan memberikan rekomendasi layanan yang sesuai dengan preferensi pengguna. Gojek menggunakan teknologi Machine Learning untuk mempelajari perilaku pengguna dan memprediksi kebutuhan mereka. Hal ini memungkinkan Gojek untuk menawarkan layanan yang lebih tepat sasaran dan meningkatkan kepuasan pengguna.

SUMBER :

https://gojek.com/blog/tech/how-go-jek-uses-ai-to-improve-user-experience/

https://techcrunch.com/2018/08/14/go-jek-acquires-aircto-to-harvest-indias-talent-in-data-science-and-ai/

https://www.marketing-interactive.com/gojek-reveals-how-ai-is-being-utilised-on-its-platform

https://www.analyticsvidhya.com/blog/2020/04/how-gojek-is-making-use-of-ai-and-machine-learning-to-optimize-customer-experience/

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun