Mohon tunggu...
Reidnash Heesa
Reidnash Heesa Mohon Tunggu... Insinyur - Mohon Tunggu....

Penjelajah | Penikmat Sajak | Pecinta Rembulan | Pejalan Kaki

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Hari Remaja atau Pemuda Internasional yang Dirayakan Setiap Tanggal 12 Agustus?

12 Agustus 2021   12:07 Diperbarui: 12 Agustus 2021   15:04 149
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
menu makan keluarga Heesa (dok pri)

Hari ini 12 Agustus, hari istimewa. 

Anak saya sebut saja, Cha-Cha telah menantinya sejak seminggu yang lalu. Mengapa disebut istimewa? Bermula dari keisengan di atas  meja makan seminggu yang lalu. Jujur, harus saya akui, memang agak dikit berbuat 'onar' dalam pembicaraan keluarga kami saat acara makan malam itu tiba.  

Sebagai seorang ayah, dengan begitu semangatnya melakukan presentasi di hadapan sang gadis kecil cantik bahwa memasuki usia remaja itu adalah pengalaman terindah yang tidak akan terlupakan. Respon awalnya sambil terus mendengarkan : 'aneh'. Bagi anak-anak seusia dia yang memasuki masa puber, wajar mulai merasa bingung dan risih dengan perubahan fisik yang telah dialaminya termasuk 'topik aneh' yang di-koar-koarkan ayahnya. 

Pesan yang saya sampaikan kira-kira  rangkuman-nya begini :

Pertama, definisi remaja.  Remaja adalah periode kehidupan manusia sejak dilahirkan sampai mencapai usia umur belasan tahun, periode ini adalah masa peralihan manusia dari usia anak-anak menuju dewasa.

Kedua, batasan usia remaja.  Menurut World Health Organization (WHO ) , yang disebut remaja adalah mereka yang berada pada tahap transisi antara masa kanak-kanak dan dewasa dengan batasan antara 12 -- 24 tahun sedangkan menurut Permen RI nomor 25 tahun 2014 batasan remaja antara 10 -- 18 tahun, tentu saya juga menjelaskan lebih lanjut bahwa kelompok remaja di atas 18 tahun sudah dikategorikan sebagai pemuda. BKKBN tidak sependapat, menurut mereka range batasan-nya adalah 10 -- 24 tahun.

Ketiga. Tanggal 12 Agustus dirayakan seluruh dunia sebagai Hari Remaja Internasional.

Berdasarkan penjelasan saya di-atas, anak bungsu saya yang masih kelas tiga SD juga ikut ber-komentar. Katanya, "Papa salah. Remaja itu yang sedang kuliah, Pa !". Saya ikut tersenyum mendengarkannya. Wajarlah, saya bergumam kalo anak-anak seusia itu masih sering berpikir ngawur.

Hari ini 12 Agustus, hari istimewa.

Saya menulis diary untuk pertama kalinya di Kompasiana. Diary ala bapak-bapak melankolis alay wkwkwkwwkkkk. Sedikit menggelitik dan agak menyimpang dari pola umum penulisan saya yang selama ini agak ber-puitis bersama kelompok literasi Rumpies The Club/ RTC....behhhh sedikit promo niiiiii ! Memang sudah lama saya menghilang dari Kompasiana, Mengapa? nanti saya beberkan lewat tulisan berikutnya, janji. Mengapa saya bias sampai di 'sini'? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun