Era digital saat ini erat kaitannya dengan penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari, perkembangan mesin-mesin canggih pada perusahaan juga merupkan dampak nyata dari adanya era digitalisasi saat ini. Selain penggunaan mesin-mesin canggih, penggunaan media sosial di bidang perusahaanjuga menjadi salah satu bentuk perkembangan era digital pada lingkup perusahaan dapat dilihat pada perusahaan yang menggunakan media sosial sebagai alat untuk membangun citra di dunia maya.
Media sosial pada masa digital saat ini memiliki banyak dampak yang di rasakan oleh masyarakat, seperti penyebaran informasi yang semakin cepat, arus informasi yang semakin meluas, dan penyampaian informasi komunikasi yang semakin cepat juga. Selain meraskan dampak positif masyarakat juga kerapa merasakan dampak negatif dari penggunaan media sosial, salah satunya yaitu penyebaran berita hoax yang semakin merajalela. Masyarakat pada masa digitalisasi seperti ini di tuntut untuk bisa menelaah dampak-dampak yang dihasilkan oleh media sosial ini. Dalam konteks perusahaan sendiri, media sosial dapat di jadikan sebagai media pembangun citra yang sangat efektif saat ini. Media sosial yang sering digunakan seperti instagram, tiktok, youtube, dan facebook.
Perusahaan tentunya memiliki reputasi atau citra yang di kenal oleh masyarakat luas, dalam pengenalan citra perusahaan, perusahaan dapat melakukan pendekatan kepada konsumen melalui pembuatan konten-konten di media sosial. Reputasi yang akan di tampilkan perusahaan di media sosial ini tentunya tergantung dari bagaimana perusahaan tersebut membuat konten-konten di media sosial. Audience di media sosial sendiri tentunya berbeda-beda tiap platform, sehingga perusahaan pun haruslah memahami bagaimana audience dari media sosial tersebut (instagram, tiktok, youtube, dan facebook).
Selain pembangunan reputasi atau citra, perusahaan dapat memanfaatkan media sosila sebagai media untuk berkomunikasi dengan konsumen atau bisa dikatakan perusahaan menjadikan media sosial sebagai media interkasi timbal balik dengan audience. Perusahaan yang baik tentunya mengenali bagaimana kondisi dari konsumennya, salah satu cara mengetahui bagaimana konsumen kita yaitu dengan melakukan interaksi dengan konsumen melalui media sosial. Dengan melakukan pendekatan secara personal kepada konsumen melaui interaksi di media sosial, tentunya akan membangun citra positif perusahaan di media sosial.
Efek yang di timbulkan media sosial saat ini tidak hanya pada lingkup masyarakat saja,tetapi telah merambah pada lingkup perusahaan. Perusahaan pada era digitalisasi ini di permudah dengan adanya media sosial dalam pembangunan citra dan berinteraksi dengan audience. Pengelolaan media sosial perusahaan yang baik tentunya akan membawa efek positif bagi perusahaan, pengelolaan yang buruk tentunya akan menghasilkan citra yang buruk juga di masyarakat kepada perusahaan. Sangat berpengaruh sekali pengaruh penggunaan media sosial pada perusahaan di era digitalisasi ini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H