Mohon tunggu...
Regita mutiara winri
Regita mutiara winri Mohon Tunggu... Mahasiswa - universitas muhammadiyah jakarta

saya seorang mahasiswa di universitas muhammadiyah jakarta, ilmu sosial dan ilmu politik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Penting dan Dampak Iklan di Dalam Masyarakat Modern

8 Juli 2024   20:17 Diperbarui: 8 Juli 2024   20:53 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.istockphoto.com

Nama : Regita Mutiara Winri

Nim : 23010400037

Dosen : Velda Ardia, S.Ikom, M.Si

Mata Kuliah :  Pengantar Advertising

Iklan memiliki peran penting di dalam Masyarakat. Iklan tidak hanya berfungsi sebagai suatu tempat promosi produk ataupun jasa, tetapi iklan juga sebagai suatu media yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen nya sendiri. Seperti di dalam sebuah konteks sosial yang sering dianggap integral di daalam kehidupan kita sehari-hari baik itu secara langsung ataupun tidak langsung.

   Adanya peran iklan di dalam Masyarakat sering kali digunakan sebagai sarana untuk mempromosikan suatu produk ataupun jasa. Dengan melalui sebuah iklan, Perusahaan dapat dengan mudah memperkenalkan produk atapun jasa mereka kepada Masyarakat. Dan dengan adanya iklan, dapat membantu untuk dapat menciptakan sebuah kesadaran akan suatu produk ataupun jasa yang sedang ditawarkan kepada konsumen, sehingga konsumen dapat dengan mudah mengenali barang itu dan konsumen pun tertarik untuk membelinya.

Meningkatkan kesadaran dan pengetahuan

   Iklan memiliki peran utama yaitu untuk dapat meningkatkan sebuah kesadaran Masyarakat terhaadaap suatu produk atau jasa yang tertentu. Dengan adanya iklan, atau informasi mengenai fitur, hingga manfaat, serta keunggulan suatu produk dapat di sampaikan secara luas. Contohnya seperti iklan televisi yang sedang memberikan informasi tentang adanya promo diskon sebuah produk kepada Masyarakat sehingga dapat meningkatkan pengetahuan mereka.

Mendorong prilaku konsumen

   Iklan juga sering kali menggunakan Teknik-teknik pemasaran yang tepat, sehingga iklan dapat dengan mudah untuk mempengaruhi perilaku konsumen nya. Iklan juga dapat membujuk konsumen agar dapat membeli produk ataupun jasa mereka. Disini, iklan dapat menggunakan psikologi konsumen seperti daya Tarik visual, endorsement selebriti, agar dapat meningkatkan minat konsumen terhadap produk yang diiklan kan. Contohnya, seperti adanya iklan yang menampilkan testimoni dari pelanggan nya yang puas dengan produk/ jasa mereka, sehingga masyaraakat terpengaruh dan ingin mencoba produk tersebuut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun