Apa Itu Microsoft Excel?Â
Microsoft Excel merupakan aplikasi spreadsheet yang dikembangkan oleh Microsoft untuk sistem operasi Microsoft Windows, MAC OS X, dan iOS. Microsoft Excel diunggulkan karena menjadi software yang memudahkan pengguna untuk membuat grafik, tabel, dan perhitungan.
Secara sederhana, Microsoft Excel dapat disebut sebagai aplikasi atau software pengolah angka. Dalam penggunaannya, software ini menggunakan berbagai rumus atau formula yang diketikkan secara manual untuk mengolah angka, membuat tabel, serta perhitungan secara otomatis.Â
Cara Menghitung Nilai Rata-rata di EXCEL
Menghitung atau mencari nilai rata-rata merupakan perhitungan matematika yang sering di pakai, untuk menghitung atau mencari nilai rata-rata dengan menggunakan Excel bisa menggunakan beberapa cara, bahkan Excel menyediakan fungsi khusus untuk digunakan mencari nilai rata-rata yaitu AVERAGE, AVERAGEA, AVERAGEIF dan AVERAGEIFS.
Contoh hasil menghitung nilai rata-rata, yang akan kita pelajari cara menuliskan rumus excelnya satu-persatu.Â
ÂMenghitung Nilai Rata-Rata dengan Rumus Dasar
Untuk menghitung atau mencari nilai rata-rata, rumus dasar yang digunakan adalah:Â
Contoh hasil menghitung nilai rata-rata, yang akan kita pelajari cara menuliskan rumus excelnya satu-persatu.Â
Untuk menjumlah nilai kita bisa menggunakan fungsi SUM kemudian baru membaginya dengan banyaknya data, contohnya seperti gambar di bawah ini:Â