Mohon tunggu...
Maria Regina Gracia
Maria Regina Gracia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Perkenalkan, saya mahasiswa aktif Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang memiliki minat pada bidang Manajemen Sumber Daya Manusia. Saya sangat tertarik dengan hal-hal baru di dunia. Melalui blog ini, saya berharap bisa menjadi tempat untuk bertukar pikiran bersama. Selamat membaca...

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KPI untuk Karyawan, Karyawan untuk KPI

21 Juni 2024   22:15 Diperbarui: 21 Juni 2024   22:38 214
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
pinterest Veko Iashvili (Comprehensive KPI Examples | Rhythm Systems)

                    Dalam dunia organisasi, terdapat dua elemen penting yang tidak dapat dipisahkan, yaitu Key Performance Indicator (KPI) dan karyawan. KPI disebut sebagai kompas yang membantu setiap organisasi mengarah pada tujuannya. Sedangkan, karyawan dianggap sebagai seorang nahkoda yang mengarahkan kapal untuk mencapai tujuan tersebut. Pada era bisnis modern saat ini, dunia bisnis bergerak dengan tempo yang cukup cepat dan suasana kompetitif yang sangat terasa. Setiap perusahaan dituntut untuk mencapai target dan tujuan secara efisien serta efektif. Oleh karena itu KPI sangat diperlukan sebagai alat ukur penting menilai kinerja karyawan dan mengarahkan strategi untuk bergerak. Bagaimana hubungan antara Key Performance Indicator dengan karyawan? Apakah KPI akan selalu selaras dengan kepentingan karyawan? Mari kita bahas hubungan kompleks antara KPI dengan karyawan.

            Key Performance Indicator atau biasa disebut KPI, merupakan sebuah alat ukur untuk menilai performa atau pencapaian sebuah tujuan, baik untuk seorang individu, sebuah tim, maupun keseluruhan organisasi. Pengukuran KPI yang efektif harus memiliki sifat yang spesifik, yaitu jelas dan diukur secara tepat, harus memiliki data yang dapat dikumpulkan serta dianalisis sehingga bersifat terukur. Sifat lain yang harus dimiliki KPI adalah target di dalam KPI harus realistis, menantang, dan mudah untuk dicapai. Sebuah KPI harus memiliki hubungan langsung dengan tujuan yang dimiliki oleh organisasi. Serta, bersifat tepat waktu, artinya KPI harus memiliki jangka waktu yang jelas untuk pengukuran. KPI berfungsi untuk meningkatkan performa perusahaan sehingga dapat tercapai tujuan perusahaan, membantu mengukur dan menentukan kemajuan sebuah perusahaan agar selalu tepat sasaran. KPI memberikan arahan bagi karyawan untuk bekerja, sehingga karyawan selalu fokus pada tugas sebagai bentuk kontribusi pada pencapaian tujuan yang dimiliki perusahaan. Selain itu, KPI membantu perusahaan untuk mengawasi dan mengamati kinerja karyawan secara terukur dan objektif. Penetapan target pada KPI dapat memotivasi karyawan agar bekerja lebih baik dan performa kinerja mereka akan meningkat, hal ini membantu perusahaan untuk menaikkan tingkat efektivitas dan efisiensi perusahaan. Ketika data dari analisis KPI sudah tersedia, maka dapar digunakan oleh perusahaan untuk mengambil keputusan yang tepat dalam merencanakan strategi perusahaan demi mencapai tujuan perusahaan.

            Karyawan adalah sebuah aset berharga untuk perusahaan. Karyawan merupakan individu dari berbagai latar belakang, kebutuhan, dan motivasi yang bekerja untuk suatu perusahaan. Hal yang penting bagi karyawan agar merasa dihargai dan termotivasi adalah gaji, tunjangan, peluang pengembangan diri, lingkungan kerja, serta pengakuan pada prestasi yang diraih ketika bekerja di sebuah perusahaan. Saat karyawan merasa dirinya dihargai dan termotivasi, maka akan bekerja lebih produktif, loyal, dan bisa berfikir inovatif untuk perusahaan. Jika KPI berfokus pada pencapaian dan sasaran, karyawan akan berfokus pada kemampuan dan kompetensi yang dimiliki karyawan untuk menjalankan tugasnya. Karyawan juga dituntut untuk melakukan pengembangan diri untuk meningkatkan kemampuan dan keahliannya agar lebih berkontribusi untuk perusahaan. Namun, perusahaan juga perlu memperhatikan kondisi mental, fisik, dan sosial karyawan agar karyawan tidak merasa tertekan dan tetap bekerja secara optimal. Ketika karyawan merasa diperhatikan, akan timbul perasaan senang, nyaman, dan termotivasi untuk bertahan pada perusahaan.

            Karyawan harus memiliki kompetensi sebagai kunci kesuksesan individu dan organisasi. Kompetensi merupakan kemampuan, pengetahuan, dan sikap yang dimiliki karyawan untuk melakukan tugas dan tanggung jawabnya secara optimal. Kompetensi didapatkan melalui pendidikan, pelatihan dan pengembangan diri, serta pengalaman. Kompetensi karyawan dapat ditingkatkan oleh perusahaan melalui pelatihan seperti workshop, mentorship, ataupun coaching dalam bentuk pendampingan dari karyawan yang lebih berpengalaman. Selain itu, dapat memberikan kesempatan pada karyawan untuk mencoba pekerjaan baru dan mengembangkan keahlian baru melalui rotasi pekerjaan.

            Kompetensi sebagai dasar pencapaian KPI, artinya kompetensi menjadi modal utama karyawan untuk memahami target yang ditetapkan dalam KPI, merencanakan strategi untuk mencapi target, beradaptasi dengan perubahan dan tantangan, serta berkolaborasi dengan tim untuk mencapai tujuan bersama. Sebaliknya, KPI menjadi kompas pengarah pengembangan kompetensi, artinya perusahaan dapat mengidentifikasi kompetensi mana yang perlu ditingkatkan dan diperkuat, merancang pelatihan dan pengembangan karyawan yang sesuai, serta memberikan motivasi dan semangat pada karyawan untuk mencapai target yang lebih tinggi.

            Perbedaan antara KPI dan karyawan yaitu melalui aspek fokus, jika KPI berfokus pada sasaran dan pencapaian, karyawan berfokus pada keahlian, kontribusi, dan pengembangan diri. Dari aspek pengukurannya, KPI diukur dengan metode kuantitatif, sedangan karyawan diukur dengan gabungan metode kuantitatif dan metode kualitatif. Dari aspek tujuannya, KPI bertujuan untuk meningkatkan performa dan mencapai tujuan organisasi, sedangkan karyawan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan serta kepuasan kerja.

            Meskipun KPI dan karyawan memiliki tujuan yang berbeda, sebenarnya saling terikat, memiliki hubungan yang erat, dan tidak dapat dipisahkan. Sehingga, jika perusahaan ingin mencapai kesuksesan yang berkelajutan, perlu menciptakan keseimbangan antara KPI dengan karyawan. Manfaat terciptanya keseimbangan antara KPI dengan karyawan adalah mendorong peningkatan kinerja perusahaan dan mencapai tujuan. Melalui KPI yang jelas dan terukur akan membantu karyawan memahami ekspektasi dan memberikan gambaran tentang pencapaian mereka, sehingga terbentuk motivasi yang kuat untuk bekerja lebih baik dan meningkatan performa melalui kemampuan yang dimiliki setiap karyawan. Dengan pengukuran KPI, dapat dijadikan evaluasi sehingga karyawan dapat memahami dirinya, melihat dimanakah kekurangan yang perlu ditingkatkan dan kelebihan yang perlu dipertahankan. Untuk meningkatkan kekurangan, perusahaan dapat memberikan pelatihan atau kegiatan pengembangan yang tepat bagi karyawan. Jika KPI dikomunikasikan dengan baik dan diterapkan secara adil, akan menciptakan budaya kerja yang baik pula.

            Agar keseimbangan antara KPI dan karyawan tercipta, maka dapat menerapkan beberapa strategi, seperti melibatkan karyawan dalam proses penetapan KPI dengan mendengarkan ide dan masukan karyawan terkait target yang diperlukan dan digunakan. Kemudian, pastikan KPI bersifat realistis dan dapat dicapai, artinya target yang ditetapkan dalam KPI harus realistis dan dapat dicapai dengan usaha yang wajar. Dalam menetapkan target, hindari target yang terlalu rendah atau terlalu tinggi karena dapat memberikan dampak yang kurang optimal terhadap motivasi dan kinerja karyawan. Strategi selanjutnya yaitu memberikan pellatihan, pengembangan diri, dan sumber daya yang dibutuhkan karyawan untuk mencapai target KPI sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan potensi diri karyawan. Perusahaan bisa berinvestasi untuk pengembangan kompetensi dan kapabilitas karyawan. Komunikasi yang terbuka dan transparan juga diperlukan untuk memberikan umpan balik demi kemajuan bersama. Dengan komunikasi ini, akan tercipta budaya kerja yang kolaboratif dan suportif, serta meminimalisir persaingan kerja yang tidak sehat. Strategi terakhir adalah menghargai pencapaian karyawan dengan memberikan penghargaan dan pengakuan atas pencapaian KPI yang diraih karyawan dengan peringkat baik. Sehingga, karyawan akan semakin termotivasi untuk selalu meningkatkan kompetensi dan performanya serta merasa dihargai sebagai karyawan di perusahaan.

            Apakah karyawan yang bagus harus sesuai dengan KPI?

            Karyawan yang bagus tidak selalu sempurna sesuai dengan KPI. Penilaian karyawan lebih mendalam perlu dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa aspek seperti kompetensi dan pengetahuan karyawan, kontribusi, dedikasi terhadap perusahaan, potensi dan pengembangan diri, sikap dan perilaku dalam bekerja, kesehatan secara keseluruhan baik mental maupun fisik, dan komitmen.

            KPI adalah alat pengukuran yang berguna, namun bukan menjadi satu-satunya cara pengukuran karyawan yang bagus. Sebuah perusahan yang cerdas dan berpikir kedepan akan memanfaatkan KPI sebagai panduan, namun tidak kaku dalam penilaiannya. Maka akan tercipta potensi karyawan yang maksimal dan mencapai tujuan dengan lebih efektif. Untuk itu, perusahaan dapat menggunakan beberapa metode penilaian karyawan seperti observasi dan penilaian diri. Sedangkan karyawan dan perusahaan dapat bekerja sama untuk memberikan feedback yang membangun dan berfokus pada penyediaan fasilitas pengembangan karyawan. Bersama-sama membangun budaya kerja yang suportif dan mendorong pembelajaran.

 

(Maria Regina Gracia Mayfida)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun