Mohon tunggu...
Regina Fauqa Imani
Regina Fauqa Imani Mohon Tunggu... Guru - Guru Bahasa Inggris

I might not be where I want to be yet, but I get closer every day

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

The Use Of Picture Series As Teaching Media To Improve Student's Descriptive Text Writing Skill

11 Desember 2022   17:54 Diperbarui: 11 Desember 2022   17:59 449
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

ABSTRACT

 

The research paper is entitled "The Use of Picture Series as Teaching Media to Improve Student's Descriptive Text Writing Skill (A quasi-experimental study done at The First Grade Students of Electrical and Motorcycle Engineering of Vocational School)". There were two aims of the research, those were to find out whether or not the use of Picture Series as an alternative media has better result to improve students' Descriptive Text writing skill than the conventional method and to find out the students' responses toward the use of Picture Series as an alternative media to improve students' Descriptive Text writing skill. The population of the research were the first grade students of Pelita Bunga Bangsa Arjasari Vocational School. The sample of the research were Electrical Engineering as experimental group and Motorcycle Engineering as control group. In obtaining the data, the writer used pre-test, post-test, treatment and questionnaire. From the computation of the pre-test and post-test scores, the result showed that with df = N1+N2 = 22+22- 2 = 42, at p = ,05 of two-tailed, the critical value of t is 2.021. The result of t-test on the pre-test was  lower than t-table ( < 2.021). It means that there was no significant difference between experimental group and control group before treatment. After the experimental group was given a treatment, the t-observed value was , so t-observed was higher than that t-table ( > 2.021). It means that Picture Series is significantly better than the conventional method. The questionnaire was only distributed to the experimental group. The result showed that most of them motivated and encouraged by the use of Picture Series and it helped them to improve their Descriptive Text writing skill. It means that almost all of the students gave positive responses towards the use of Picture Series.

 

Keywords: Picture Series, Descriptive Text

ABSTRAKSI

 

Penelitian ini berjudul "Penggunaan Gambar Berseri sebagai Media Pengajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskriptif Siswa (Sebuah studi kuasi-eksperimental yang dilakukan pada Siswa Kelas Pertama Teknik Listrik dan Sepeda Motor dari Sekolah Kejuruan)". Ada dua tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui apakah penggunaan Gambar Berseri sebagai media alternatif memiliki hasil yang lebih baik untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskriptif siswa daripada metode konvensional dan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan Gambar Berseri sebagai media alternatif untuk meningkatkan keterampilan menulis Teks Deskriptif siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SMK Pelita Bunga Bangsa Arjasari. Sampel penelitian adalah Teknik Instalasi Tenaga Listrik sebagai kelompok eksperimen dan Teknik Sepeda Motor sebagai kelompok kontrol. Dalam memperoleh data, penulis menggunakan pre-test, post-test, perlakuan dan kuesioner. Dari perhitungan skor pre-test dan post-test, hasilnya menunjukkan bahwa dengan df = N1 + N2 = 22 + 22-2 = 42, pada p =, 05 dari dua-ekor, nilai kritis t adalah 2.021 . Hasil t-test pada pre-test adalah -0,662 lebih rendah dari t-tabel (-0,662 <2,021). Ini berarti bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum perawatan. Setelah kelompok eksperimen diberi perlakuan, nilai t-diamati adalah 7,390, sehingga t-diamati lebih tinggi daripada t-tabel (7,390> 2,021). Ini berarti Gambar Berseri secara signifikan lebih baik daripada metode konvensional. Kuesioner hanya didistribusikan kepada kelompok eksperimen. Hasilnya menunjukkan bahwa sebagian besar dari mereka termotivasi dan didorong oleh penggunaan Gambar Berseri dan itu membantu mereka untuk meningkatkan keterampilan menulis Teks Deskriptif mereka. Ini berarti bahwa hampir semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan Picture Series.

Kata kunci: Gambar Berseri, Teks Deskriptif

THE BACKGROUND OF THE RESEARCH

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun