Wirausaha Merdeka adalah bagian dari program Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri menjadi calon wirausahawan melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan.
Program Wirausaha Merdeka berkolaborasi dengan Perguruan Tinggi Pelaksana Program mengembangkan pembelajaran wirausaha yang mampu mengasah jiwa kewirausahaan, mendorong peningkatan pengalaman wirausaha dan peningkatan kemampuan daya kerja mahasiswa.
Â
Program Wirausaha Merdeka 2024 menargetkan untuk mencetak 10.000 wirausaha baru yang siap bersaing di pasar global. Tahun ini, WMK menekankan pada pentingnya inovasi dan teknologi dalam membangun bisnis. Program WMK melibatkan lebih dari 38 perguruan tinggi pelaksana di seluruh Indonesia. Jumlah ini mencakup universitas negeri dan swasta, yang semuanya memiliki visi yang sejalan dalam mendukung mahasiswa untuk menjadi wirausaha muda yang mandiri dan berdaya saing tinggi.Â
Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, sebagai universitas pelaksana kegiatan wisausaha merdeka juga memberikan pengaruh pada salah satu wirausaha kecil yaitu, MOCHABBY.
MOCHABBY
Mochabby adalah "mocktail with jelly chubby". Bentuk inovasi dari minuman non-alkohol yang menggabungkan elemen klasik mojito dengan tambahan rasa buah segar, menciptakan sensasi rasa yang unik dan menyegarkan. Dengan menambahkan elemen jelly dan biji selasih, memberikan tekstur yang berbeda dan menarik, sehingga konsumen tidak hanya menikmati rasa, tetapi juga sensasi saat meminumnya. Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak orang yang mencari alternatif minuman yang sehat dan menyegarkan tanpa kandungan alkohol. n minuman mocktail yang dipadukan dengan mojito berbasis jeruk nipis dan jelly yang menawarkan konsep minuman segar dan sehat dengan menggabungkan rasa asam segar dari jeruk nipis, serta tekstur kenyal dari jelly. Minuman ini cocok untuk segmen pasar yang menginginkan sensasi unik dan menyegarkan tanpa kandungan alkohol, serta mengutamakan bahan-bahan alami.Â
produk ini diperuntukkan bagi konsumen yang mencari inovasi dalam minuman yang menawarkan rasa unik dan kesegaran, terutama di cuaca panas. baik dari kalangan remaja hingga dewasa. khususnya, Masyarakat Urban dan Sibuk, seperti karyawan dan mahasiswa/pelajar yang memiliki waktu yang padat serta masyarakat yang tinggal di kota-kota besar dengan gaya hidup dinamis, yang sering mencari minuman praktis dan siap saji untuk dinikmati saat santai, bekerja, atau beraktivitas sosial. Juga pengguna aktif Platform Digital, sebagai pengguna (User) sosial media juga yang sering menggunakan layanan pesan antar makanan atau berbelanja melalui e-commerce. Mereka menghargai kenyamanan dan kecepatan dalam mendapatkan produk, serta lebih cenderung untuk mencoba minuman baru yang menarik secara online.Â
Adanya program wmk ini memberikan pengaruh terhadap berkembangnya produk MOCHABBY Â di Untag Surabaya, diantaranya:
1. Inovasi Produk dan Diversifikasi