Mohon tunggu...
Refi RaihanWidi
Refi RaihanWidi Mohon Tunggu... Aktor - Mahasiswa

saya merupakan anak yang sangat suka dengan interaksi sosial dan kegiatan yang berhubungan psikomotorik. Saat ini saya sedang belajar di studi Pendidikan Sejarah di Universitas Negeri Malang.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Upaya Mahasiswa UM dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa SMP Taman Siswa tentang Sejarah Perumusan Pancasila melalui Metode Inkuiri

27 November 2023   21:35 Diperbarui: 27 November 2023   21:59 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kegiatan ini dilakukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan, mahasiswa Universitas Negeri Malang yang terdiri dari Ayyin Winda Nur Alifah, Dhini Ariska Putri, Dina Verna Brajaningrum, Nandita Ayu Lestari, Kurnia Safna dan Refi Raihan Widi Aswari melakukan observasi tentang Sejarah Perumusan Dasar Negara Pancasila di SMP TAMAN SISWA yang berada di Kota Malang pada Kamis (16/11).

Kegiatan ini  disambut dengan antusias oleh siswa siswi di SMP TAMAN SISWA. Kegiatan yang dilakukan di kelas VII B dengan jumlah 35 siswa bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam kepada siswa mengenai makna, implementasi, dan relevansi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di lingkungan sekolah. 

Kegiatan ini  diawali dengan perkenalan oleh anggota kelompok, yang kemudian dilanjutkan dengan ice breaking agar suasana kelas menjadi hidup dan agar siswa bersemangat dalam belajar. Setelah itu dilanjutkan dengan kuis awal pembelajaran untuk mengetes pengetahuan awal siswa tentang Sejarah Perumusan Pancasila. Dari kuis awal yang dilakukan ternyata pengetahuan siswa tentang Sejarah Perumusan Pancasila cukup banyak yang sudah mengetahui. Bagi siswa yang mampu menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pemateri siswa diberikan reward sehingga banyak siswa yang antusias dalam kegiatan berikutnya. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi inti tentang Sejarah Perumusan Pancasila menggunakan media pembelajaran yang berupa powerpoint. Setelah penyampaian materi, kemudian dilanjut dengan kuis akhir, sama halnya dengan kuis awal para siswa sangat mahir dalam menjawab pertanyaan dan mereka pun sangat berantusias dalam menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan. Setelah itu dilanjut dengan pemberian reward bagi siswa yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar pada kuis awal dan kuis akhir.  Metode yang digunakan dalam penyampaian materi adalah metode ceramah dan metode inquiry yang sudah disesuaikan dengan perkembangan tingkat kognitif siswa kelas VII B SMP TAMAN SISWA.

Dokpri
Dokpri

Hasil yang diperoleh setelah menyelesaikan kegiatan tanya jawab terkait sejarah pembentukan dasar negara Pancasila kepada siswa-siswi SMP Taman Siswa adalah dapat dilihat dari banyaknya siswa yang menjawab pertanyaan dengan benar. Hal tersebut menunjukkan meningkatnya pemahaman siswa terkait sejarah perumusan Pancasila. Selain itu, setelah kegiatan tanya jawab juga diperoleh hasil lain yaitu munculnya dampak positif terkait peningkatan rasa nasionalisme mereka. Melalui pemahaman yang meningkat terhadap sejarah perumusan Pancasila, siswa-siswi lebih sadar akan identitas nasional mereka. dengan adanya kegiatan tanya jawab yang telah dilakukan memberikan ruang untuk bagi siswa-siswi SMP Taman Siswa untuk mendiskusikan nilai-nilai Pancasila, termasuk prinsip Bhinneka Tunggal Ika,  hal tersebut dapat merangsang penghargaan terhadap keragaman budaya dan suku yang di negara kita. 

Dokpri
Dokpri

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun