KKN BACK TO VILLAGE UNEJ 2021 PENGOPTIMALKAN SOSIAL MEDIA SEBAGAI PEMASARAN TOKO SNACK AZKA DI DESA MERGOSARI, KECAMATAN TARIK KABUPATEN SIDOARJO
 Pandemi Covid-19 hampir melanda seluruh bagian negara di dunia,termasuk Indonesia. Dampak dari wabah tersebut sangat terasa hingga ke pelosok negeri. Banyak sekali kantor, perusahaan, industri, dan UMKM yang terpaksa menutup sementara usahanya dan mengurangi pegawai guna mengurangi dampak pandemi pada bidang ekonomi. Hanya pengusaha yang kreatif, ulet serta mampu melihat peluang yang dapat bertahan hingga saat ini, salah satunya yaitu UMKM Toko Snack Azka di desa Mergosari.
 Awal pandemi Covid-19 melanda sangat berpengaruh pada penghasilan UMKM Toko Snack Azka. Dulu bu Niswatin hanya melakukan penjualan secara offline yaitu dengan membuka toko sendiri dirumahnya hingga sekarang. Namun berbagai macam inovasi yang ibu Niswatin lakukan di bidang pemasaran sehingga saat ini dapat memperbaiki perekonomiannya, seperti metode promosi melalui Whatsapp dan Facebook.Â
Akan tetapi di masa pandemic penjualan bu Niswatin mengalami penurunan serta sampai adanya pengurangan pegawai di tokonya. Saat ini bu Niswatin masih menggunakan desain promosi yang sederhana serta foto produk yang kurang menarik dan belum terlalu aktifnya sosial media yang ibu Niswatin lakukan.Â
Akhirnya dengan adanya kegiatan KKN UNEJ ini saya Reffy Carlia Agatta salah satu mahasiswa KKN Back To Village dapat membantu beliau untuk merambah penjualan produknya dengan menggunakan promosi pemasaran yang lebih menarik yaitu melalui Instagram dan Shoppe (Gambar 1) dan memulai membantu untuk foto produk snack lebih bagus (Gambar 2). Tujuan penambahan media sosial adalah agar lebih meluasnya produk yang diketahui masyarakat dan meningkatkan penjualan tentunya.
 Gambar 1.Â
 Gambar 2.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H