Dalam membangun citra positif, Â tenaga seorang Public Relations (Humas) sangat dibutuhkan dalam membuat sebuah postingan atau bentuk tulisan seperti media online maupun poster yang membantu membangun citra positif masyarakat terhadap suatu perusahaan. Citra perusahaan merupakan aktifitas yang dilakukan oleh seorang stakeholder dalam membangun aktifitas yang dapat diingat oleh masyarakat dan mempengaruhi persepsi mereka.Â
Tugas seorang PR (Public Relations) dalam sebuah perusahaan ialah membangun image dan citra positif dari suatu perusahaan. Dalam membangun citra yang positif, UMJ telah melahirkan berbagai prestasi-prestasi akademik yang telah diraih oleh seluruh mahasiswa sebagai bentuk terciptanya mahasiswa yang terkemuka dan cerdas. Dalam hal ini, UMJ menjadikan sebuah prestasi tersebut sebagai alat untuk membangun image yang positif terhadap masyarakat. Selain itu, mempertahankan kualitas dan loyalitas universitas sangat penting seperti contohnya meningkatkan akreditasi akademik yang berkualitas dan juga menciptakan kegiatan positif yang lebih banyak lagi.Â
Srategi yang kedua adalah membangun relasi yang kuat dan luas kepada universitas lain, sekolah menengah, dan juga para calon mahasiswa. Selain itu, UMJ juga bekerja sama dengan universitas lain untuk melakukan hal positif bagi para mahasiswa dalam mencari ilmu dan membangun relasi yang kuat dengan cara mengadakan pertukaran pelajar. Strategi lainnya yang dilakukan oleh seorang Public Relations adalah membranding lingkungan kampus yang memadai dan juga menjelaskan fasilitas yang cukup untuk para mahasiswa dan menjelaskan jurusan jurusan yang memiliki akreditas tinggi yang dimiliki oleh universitas.Â
Taktik yang dilakukan oleh Universitas Muhammadiyah Jakarta yaitu dengan cara mengadakan program beasiswa bagi masyarakat yang kurang mampu, melakukan kegiatan sosial dengan mengajak mahasiswa untuk ikut kerja bakti dalam meraih lingkungan sehat, Â dan memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang kurang mampu sebagai bentuk kepeduliaan mahasiswa. Selain itu, hubungan dengan para media relations juga sangat penting dalam membantu meningkatkan citra positif. Mulai dari kreatif dalam memposting kegiatan yang memiliki nilai penting dalam kampus di media sosial, website universitas dan lainnya.Â