Mohon tunggu...
Refala Roqi Yatazakka
Refala Roqi Yatazakka Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa yang sedang menempuh studi di Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mengangkat Potensi Lokal: KKN GIAT 9 UNNES 2024 Dukung Branding UMKM "Sale Pisang Muna" di Desa Lanji

14 Agustus 2024   01:01 Diperbarui: 14 Agustus 2024   01:04 119
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
 Gambar : Dita Dwi Septiyani

Gambar : Dita Dwi Septiyani
Gambar : Dita Dwi Septiyani

Mahasiswa KKN GIAT 9 UNNES 2024 melaksanakan Program Kerja Pendampingan Branding UMKM melalui pembuatan spanduk usaha sebagai salah satu strategi pemasaran untuk usaha SALE PISANG MUNA milik Ibu Mustafidah di Dusun Karangturi, RT 05 RW 04, Desa Lanji, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu meningkatkan visibilitas dan daya saing produk UMKM SALE PISANG MUNA di pasar lokal melalui strategi branding yang efektif. Dengan merancang dan membuat spanduk usaha yang menarik, diharapkan usaha ini dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas dan meningkatkan penjualan.

Dalam proses pendampingan ini, mahasiswa KKN tidak hanya membantu dalam pembuatan spanduk usaha yang menarik secara visual, tetapi juga memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada Ibu Mustafidah tentang pentingnya branding dalam meningkatkan citra produk. 

Mereka memberikan pelatihan tentang cara mengkomunikasikan nilai dan keunikan produk melalui desain spanduk yang memikat, sehingga bisa menarik perhatian konsumen yang lebih luas. Selain itu, mahasiswa juga membantu dalam memilih kata-kata dan gambar yang tepat untuk dimuat dalam spanduk, agar pesan yang ingin disampaikan dapat tersampaikan dengan jelas dan efektif.

Pendampingan ini juga melibatkan edukasi tentang berbagai aspek pemasaran lainnya, seperti penggunaan media sosial untuk promosi, cara menjaga konsistensi brand, serta teknik-teknik sederhana yang bisa diterapkan untuk memperluas jangkauan pemasaran produk. Tujuan utamanya adalah untuk memberdayakan Ibu Mustafidah dan para pelaku UMKM lainnya di Desa Lanji agar lebih mandiri dan mampu mengelola usaha mereka dengan lebih profesional.

Melalui kolaborasi ini, KKN GIAT 9 UNNES 2024 berharap usaha SALE PISANG MUNA milik Ibu Mustafidah dapat berkembang lebih pesat, tidak hanya dari sisi penjualan, tetapi juga dalam hal pengelolaan usaha secara keseluruhan. Dampak positif dari kegiatan ini diharapkan dapat dirasakan oleh keluarga Ibu Mustafidah dan masyarakat sekitar, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan ekonomi desa.

Program kerja ini merupakan bagian dari komitmen Universitas Negeri Semarang dalam mendukung pemberdayaan ekonomi desa. Dengan semangat bersama UNNES giat membangun Indonesia dari desa, mahasiswa KKN berupaya untuk memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan potensi lokal dan memperkuat perekonomian masyarakat melalui inovasi dan kolaborasi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun