Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memiliki peranan sangat penting bagi perekonomian setiap negara. Banyaknya UMKM yang menghadapi kondisi sulit yang menyebabkan beberapa dari mereka gagal bertahan.
Di tengah masa genting pandemi Covid-19, dunia usaha dan perekonomian global terpukul cukup tajam karena upaya penanganan seperti lockdown maupun pembatasan sosial berskala besar berdampak negatif pada pertumbuhan UMKM di Indonesia. Sebagian UMKM sudah mulai menjalankan penjualan melalui digital untuk menghindari gagalnya usaha yang sudah dirintisnya.
Oleh karena itu kami melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini yang merupakan kewajiban Tri Dharma yang harus dilaksanakan oleh para mahasiswi. Sebagai insan akademis, para Mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang berupaya untuk mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Masyarakat (PKM).
PKM ini dilaksanakan pada 6 November 2021 di PAUD Wijaya Kusuma yang beralamat di Jl. Nurul Iman rt/rw : 06/03 Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. PKM ini bertema “Sosialisasi Cara Pemanfaatan Digital Marketing Guna Penunjang UMKM dimasa Pandemi” yang berfokus kepada konten copywriting agar UMKM dapat lebih menarik pembeli dalam memasarkan produknya.
PKM ini dilaksanakan oleh Mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang yaitu Nia Ma’rifatun, Dhea Amelia dan Jihan Agustiana juga didampingi oleh dosen pembimbing yaitu Bapak Fery Citra Febrianto S.E., M.M. Kegiatan ini dihadiri oleh ketua rt/rw 06/03 yaitu Bapak Ahmad Jamani dan juga ibu ibu Dasawisma yang mempunyai UMKM di lingkungan tersebut.
PKM ini dilaksanakan tentu saja tetap dengan prosedur Kesehatan yaitu wajib menggunakan masker. Acara ini dilaksanakan dengan sambutan sambutan terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi, setelah itu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Acara ini berlangsung dengan lancar dan peserta yang hadir sangat bersemangat mendengarkan materi yang disampaikan.
Materi yang dibawakan yaitu tentang optimalisasi konten copywriting sebagai penunjang pemasaran digital bagi UMKM dimasa pandemi seperti ini. Karena Copywriting adalah bagian penting dari strategi marketing yang tulisan-tulisan dalam copywriting tersebut menentukan laku atau tidaknya suatu produk.
Peserta acara ini pun sangat senang dengan diakannya acara ini, Bapak Budi selaku perwakilan peserta mengatakan "kami ingin mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada universitas pamulang yang mengadakan acara ini, dan semoga di kemudian hari bisa diadakan lagi acara seperti ini agar kami dapat menambah wawasan dan dapat mempraktekkan ilmu ilmu marketing seperti materi yang disampaikan".