Mohon tunggu...
Jayadi .
Jayadi . Mohon Tunggu... -

Motivator Untuk Diri Sendiri

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Sosial Media & Blog Jadi Referensi Konsumen

16 Juli 2010   15:58 Diperbarui: 26 Juni 2015   14:49 152
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Belum lama rekan-rekan Komunitas Blogger Otomotif Indonesia (KoBOI) membahas masalah Sosial Media dan Blog bukanlah akhir dari sumber informasi untuk mengambil suatu keputusan. Hal ini membuat saya merasa gatal untuk membuat artikel tentang seberapa besar pengaruh Sosial Media dan Blog sebagai informasi akhir sebelum keputusan dijatuhkan.

Dengan data-data yang saya dapt tentang betapa pentingnya sebuah komunitas sebagai bagian dari promosi sebuah produk, serta penggunaan jejaring sosial sebagai media promosi, maka lahirlah dua Judul artikel di blog pribadi saya.

Artikel pertama berjudul Komunitas Adalah Segalanya Part I yang saya sambung dengan artikel kedua berjudul Komunitas Adalah Segalanya Part II “Blogger Masih Berpengaruh”.

Dari dua artikel itu berkembang lagi menjadi Social Media & Blog Jadi Referensi Konsumen.

Artikel pertama memang lebih mengangkat masalah betapa pentingnya menjaga komunitas sebagai bagian dari promosi sebuah brand. Sementara artikel kedua lebih mengulas pada besarnya pengaruh Sosial Media seperti Facebook dan Twitter serta Blog untuk dijadikan informasi akhir sebelum keputusan dijatuhkan.

Dan memang tidak terlalu meleset. Apa yang saya tulis dalam artikel itu tentang betapa besarnya peranan Sosial Media dan Blog sebagai media pomosi dan penentu keputusan, ternyata memang demikian adanya.

Buktinya adalah dari hasil lembaga research ternama di Singapura Nielson Online Jepang.

Seperti dilansir AFP dan dikutip oleh Kompas Tekno, bahwa Sosial Media punya pengaruh yang semakin kuat. Review dari media online menjadi referensi yang dipercaya setelah rekomendasi dari teman dan keluarga.

Charles Buchwalter, chairman dan chief executive Nielsen Online Jepang mengatakan, “Social media punya pengaruh yang semakin kuat untuk menentukan pilihan untuk berbelanja.”

KOMPAS TEKNO :
“Nilesen mencatat rata-rata tiga dari empat orang yang mengakses internet pernah mengunjungi layanan seperti jejaring sosial, mikrobloging, dan blog serta layanan lainnya. Mereka menghabiskan waktu di layanan social media rata-rata enam jam sebulan. Tiga situs paling populer yang paling banyak dikunjungi adalah Facebook, Wikipedia, dan YouTube.

Khususnya di kawasan Asia Pasifik tempat riset dilakukan, rekomendasi dari media-media online punya pengaruh paling besar pada keputusan orang membeli produk elektronik, kosmetik, mobil, dan makanan. “Social media sudah di depan mata dan harus diperhatiakn secara serius oleh komunitas bisnis yang lebih luas,” kata Megan Clarken, managing director bisnis online Nielsen Asia Pasifik.”

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun