Mengutip data OJK tahun 2021, tingkat penetrasi asuransi di Indonesia masih terbilang rendah, yaitu di angka 3,81%. Sedangkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) menunjukkan pertumbuhan signifikan dalam tingkat literasi asuransi, meningkat dari 19,4% pada tahun 2019 menjadi 31,72% pada tahun 2022.
Survei tersebut menunjukkan bahwa hampir 60% konsumen Indonesia lebih mengandalkan kanal online dalam memilih produk asuransi yang tepat, membandingkan premi, hingga mengajukan klaim asuransi. Tren inilah yang menjadi potensi besar bagi perkembangan industri asuransi, sehingga membuat salah satu perusahaan stratup yaitu PasarPolis melihat peluang tersebut.
PT PasarPolis Indonesia ("PasarPolis"), perusahaan teknologi asuransi (insurtech) di Indonesia, dengan bangga memperingati tonggak sejarah tahun ketiga PasarPolis Mitra, sebuah platform yang memberdayakan penggunanya (Mitra) dari berbagai latar belakang dan pekerjaan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan menawarkan produk asuransi secara lebih inklusif kepada seluruh segmen masyarakat. Platform PasarPolis Mitra dirancang seiring dengan upaya PasarPolis mentransformasi industri asuransi di era digital dengan membuka akses ke layanan asuransi yang lebih simpel namun tetap terpercaya.
Dengan lebih dari 11.000 pengguna, 11 mitra penyedia asuransi, dan cakupan distribusi di lima (5) kota besar (Jakarta, Surabaya, Solo, Semarang, Bandung), PasarPolis Mitra juga merupakan salah satu jalur distribusi utama PasarPolis, yang dioperasikan di bawah naungan PT PasarPolis Insurance Broker (PasarPolis Insurance Broker), yang merupakan perusahaan pialang asuransi grup PasarPolis yang telah berizin dan diawasi oleh OJK, dengan nomor izin KEP-19/NB.1/2021.
Michael Saputra, Chief Operating Officer PasarPolis mengatakan, "Sebagai perusahaan insurtech di Indonesia, dan sejalan dengan misi PasarPolis untuk mendemokratisasi asuransi melalui teknologi dan inovasi, PasarPolis berkomitmen untuk tetap fokus pada PasarPolis Mitra sebagai salah satu jalur distribusi utama PasarPolis."
Dijelaskan bahwa melalui PasarPolis Mitra, perusahaan terus berupaya untuk membangun ekosistem terintegrasi yang dapat memberikan pengalaman pendistribusian produk asuransi yang tepat sasaran dan efektif.
Komitmen PasarPolis Mitra adalah untuk memfokuskan diri pada penyederhanaan proses asuransi yang tercermin dalam tiga bidang utama, yaitu Pertama, PasarPolis terus berinovasi untuk terus menyempurnakan pengalaman pengguna platform PasarPolis Mitra (user experience). Kedua, PasarPolis Mitra terus membangun pengalaman pendistribusian produk asuransi secara digital sehingga prosesnya menjadi lebih sederhana, mudah diakses, dan efisien. Ketiga, Mitra yang bergabung dengan PasarPolis Mitra sangat beragam dan dapat memberikan dampak besar pada kehidupan mereka.
"Seiring dengan perjalanan tahun ketiga PasarPolis Mitra, kami ingin menyoroti peran penting asuransi dalam melindungi keseharian masyarakat dan membuka peluang mata pencaharian ekstra bagi siapapun yang ingin bergabung dengan PasarPolis Mitra. Upaya inovasi berkelanjutan yang dilakukan melalui platform ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi dengan Mitra, menyempurnakan proses, dan memberikan pemrosesan klaim secara instan. Kami akan senantiasa memperkuat komitmen kami untuk menciptakan peluang finansial bagi semua," tambah Michael.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H