Mohon tunggu...
rchhats
rchhats Mohon Tunggu... Karyawan Swasta -

"The way to happiness: keep your heart free from hate, your mind from worry. Live simply, expect little, give much. Fill your life with love. Scatter sunshine. Forget self, think of others. Do as you would be done by."

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

SEO dan Dilema Bekerja Sebagai SEO Spesialis

21 Februari 2018   18:44 Diperbarui: 22 Maret 2018   21:47 823
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

SEO (Search Engine Optimization) mungkin pekerjaan yang cakupannya kecil. Di tempat kamu bekerja mungkin posisi itu bahkan tidak punya struktur yang jelas. Bahkan yang saya ketahui, di salah satu media terbesar di Indonesia pun posisi ini masih belum memiliki kejelasan.

Hal itu mungkin karena SEO benar-benar sebuah pekerjaan yang sangat terspesialisasi. Bahkan posisi ini mungkin hanya menjadi bagian dari tim IT / Development dan ditempatkan disudut ruang kantor kamu.

Tapi dibeberapa perusahaan posisi sebagi SEO bahkan sangat krusial dan menjadi yang paling penting dari tim Marketing. Hal ini karena manfaat itu sudah mulai diketahui publik dan semakin membesar komunitasnya.

Pada dasarnya pengetahuan kamu tentang SEO harus lebih luas. SEO bukan hanya membahas hal teknis seperti kecepatan halaman dan struktur HTML. Itu benar-benar hanya sebagian kecil saja. Bahkan posisi ini akan meuntut kamu untuk mengerti banyak hal tentang users dan market.

Kamu harus tahu posisi users yang sedang kamu harapkan untuk mengunjungi website tentunya. Ketika kamu tidak jelas memetakan tujuan dari perencanaan SEO, itu hanya akan membuat peningkatan trafik tanpa hasil atau hasilnya kecil.

Posisi yang saya maksud bisa kamu mulai dari cakupan yang sederhana. Apakah users kamu itu berniat hanya riset saja (research-based), membeli produk kamu (purchase-oriented), atau justru bertujuan untuk konsumsi konten (content consumption).

Ketika target itu sudah kamu tentukan. Berikutnya akan lebih mudah dalam menentukan pekerjaan SEO nya. Misalnya tujuan users nya di dominasi oleh mereka yang benar-benar ingin membeli produk kamu.

Maka hal yang harus kamu siapkan adalah menyiapkan landing-page yang benar-benar baik. Informasi yang diberikan juga harus jelas. UI/UX daripada landing-page tersebut juga harus benar-benar memudahkan aktifitas users ketika di dalam website kamu. Call to action untuk pempelian produk kamu juga harus mudah ditemukan.

Tentu itu hanya sebagian kecil dari perencanaan SEO untuk target users tersebut. Namun yang menjadi konsentrasi saya disini adalah bagaimana membuat kerangkan kerja sebagai seorang SEO itu lebih mudah serta dilema menjadi seorang SEO juga bisa kamu hindari.

Dengan kerangka pekerjaan yang sudah jelas, maka itu akan memudahkan kamu dalam meyelesaikan semua pekerjaan itu serta lebih efektif dan efisien.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun