Mohon tunggu...
Abdul Razaq
Abdul Razaq Mohon Tunggu... Wiraswasta - Aktivis Sosial dan Keagamaan

Memanfaatkan Hidup untuk Hidup Bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Korelasi Hasil PISA, Hasil AN dan Akreditasi terhadap Mutu Pendidikan di Indonesia

20 Juni 2024   12:00 Diperbarui: 20 Juni 2024   12:19 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Programme for International Student Assessment (PISA)

Programme for International Student Assessment (PISA) merupakan program penilaian pelajar internasional yang diinisiasi oleh Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). PISA tidak secara langsung menunjukkan mutu pendidikan suatu negara. PISA hanya mengukur kemampuan pelajar dalam tiga bidang, yaitu Membaca, Matematika; dan Sains.

Sedangkan Instrumen yang digunakan dalam PISA, yaitu:

  • Tes: Tes PISA dilakukan selama 2 hari dan terdiri dari 150 butir soal pilihan ganda dan soal terbuka;
  • Kuesioner: Kuesioner diberikan kepada pelajar, guru, dan kepala sekolah untuk mendapatkan informasi tentang latar belakang pelajar, lingkungan belajar, dan praktik pedagogi guru.

Pada tahun 2022, Indonesia berada di peringkat ke-62 dari 79 negara dalam bidang membaca, peringkat ke-60 dalam bidang matematika, dan peringkat ke-59 dalam bidang sains. Hasil ini menunjukkan bahwa masih banyak ruang bagi Indonesia untuk meningkatkan mutu pendidikannya.

Meskipun mengalami penurunan skor di beberapa bidang, peringkat Indonesia dalam PISA 2022 naik 5-6 posisi dibandingkan tahun 2018. Pemerintah Indonesia telah mengambil beberapa langkah untuk meningkatkan hasil PISA, seperti: Meningkatkan kualitas guru, Memperbaiki kurikulum; dan Meningkatkan akses pendidikan. Diharapkan dengan upaya-upaya ini, hasil PISA Indonesia dapat terus meningkat di masa depan.

Asesmen Nasional (AN) 

Asesmen Nasional (AN) merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. AN menjadi salah satu instrumen penting dalam rangka mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Tujuan Asesmen Nasional:

  • Memotret capaian belajar murid: Mengukur literasi membaca dan numerasi (matematika) murid;
  • Mengembangkan karakter murid: Mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid;
  • Memotret kualitas pembelajaran di sekolah: Memetakan mutu pembelajaran di seluruh satuan pendidikan;
  • Membantu pemangku kepentingan dalam mengambil kebijakan: Memberikan informasi untuk meningkatkan mutu pendidikan di tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, maupun nasional.

Komponen Asesmen Nasional, terdiri dari:

  • Asesmen Kompetensi Minimum (AKM): Mengukur kemampuan literasi membaca dan numerasi (matematika) murid;
  • Survei Karakter: Mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid;
  • Survei Lingkungan Belajar: Mengukur kualitas pembelajaran di sekolah.

Manfaat Asesmen Nasional, yaitu:

  • Meningkatkan mutu pendidikan: Hasil AN dapat digunakan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah;
  • Membantu murid dalam belajar: Hasil AN dapat memberikan informasi kepada murid tentang kekuatan dan kelemahan mereka dalam belajar;
  • Membantu guru dalam mengajar: Hasil AN dapat membantu guru dalam meningkatkan kualitas mengajar mereka;
  • Membantu sekolah dalam mengambil kebijakan: Hasil AN dapat membantu sekolah dalam mengambil kebijakan untuk meningkatkan mutu pendidikan;
  • Membantu pemerintah dalam mengambil kebijakan: Hasil AN dapat membantu pemerintah dalam mengambil kebijakan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Asesmen Nasional merupakan program yang penting untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Hasil AN dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah, membantu murid dalam belajar, membantu guru dalam mengajar, membantu sekolah dalam mengambil kebijakan, dan membantu pemerintah dalam mengambil kebijakan.

Akreditasi

Akreditasi merupakan salah satu instrumen penting dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun