Mohon tunggu...
Abdul Razaq
Abdul Razaq Mohon Tunggu... Wiraswasta - Aktivis Sosial dan Keagamaan

Memanfaatkan Hidup untuk Hidup Bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Upaya Peningkatan Mutu Akreditasi Melalui Revisi Perangkat Akreditasi BAN PAUDDIKDASMEN

20 Juni 2024   08:00 Diperbarui: 20 Juni 2024   08:11 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Akreditasi merupakan instrumen penting dalam meningkatkan mutu Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah (PAUDDIKDASMEN) di Indonesia. Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar dan Menengah (BAN PAUDDIKDASMEN) secara berkala melakukan revisi perangkat akreditasi untuk memastikan efektivitas dan efisiensinya dalam menilai mutu PAUDDIKASMEN.

Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah (PAUDDIKDASMEN) memegang peran penting dalam menyiapkan anak-anak Indonesia untuk masa depan. Akreditasi PAUDDIKDASMEN merupakan salah satu instrumen penting dalam meningkatkan mutu PAUDDIKDASMEN di Indonesia. BAN PAUDDIKDASMEN secara berkala melakukan revisi perangkat akreditasi untuk memastikan efektivitas dan efisiensinya dalam menilai mutu PAUDDIKDASMEN.

Tujuan Revisi Perangkat Akreditasi, untuk memperkuat fokus pada hasil belajar anak, melakukan penilaian program PAUDDIKDASMEN secara holistik dan meningkatkan penggunaan praktik berbasis bukti.

Perubahan Utama Perangkat Akreditasi.

Beberapa perubahan utama dalam perangkat akreditasi yang direvisi:

  • Penilaian perkembangan anak: Instrumen akreditasi yang direvisi lebih menekankan pada pengukuran dampak program PAUDDIKDASMEN terhadap perkembangan dan pembelajaran anak. Hal ini termasuk menilai kemajuan anak dalam perkembangan sosial-emosional, kognitif, dan bahasa;
  • Penilaian holistik: Instrumen akreditasi yang direvisi mengambil pendekatan holistik dalam menilai program PAUDDIKDASMEN, dengan mempertimbangkan semua aspek kualitas program, termasuk kurikulum, pembelajaran dan pengajaran, penilaian, dan manajemen;
  • Penggunaan praktik berbasis bukti: Instrumen akreditasi yang direvisi didasarkan pada penelitian terbaru dan bukti tentang praktik PAUDDIKDASMEN yang efektif. Hal ini memastikan instrumen tersebut selaras dengan praktik terbaik dalam pendidikan anak usia dini.

Dampak Revisi Perangkat Akreditasi.

Revisi perangkat akreditasi diharapkan dapat membawa dampak positif pada mutu akreditasi PAUDDIKDASMEN di Indonesia, yaitu:

  • Meningkatkan kualitas program PAUDDIKDASMEN;
  • Meningkatkan hasil belajar anak;
  • Memperkuat akuntabilitas penyelenggara PAUDDIKDASMEN.

Revisi perangkat akreditasi BAN PAUDDIKDASMEN merupakan langkah penting dalam meningkatkan mutu pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar dan menengah di Indonesia.

Instrumen akreditasi yang direvisi diharapkan dapat membantu memastikan bahwa semua program PAUDDIKDASMEN di Indonesia memenuhi standar kualitas yang tinggi. (ar)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun