Kompas Gramedia, merupakan salah satu konglomerat media terbesar di Indonesia, namun bagaimana sih manajemen media serta pergerakkan dalam perusahaan media raksasa ini sehingga bisa menjadi salah satu perusahaan media terbesar di Indonesia. Awalnya Kompas Gramedia didirikan pada tahun 1963 oleh P.K. Ojong dan Jacob Oetama, perusahaan ini awalnya berdiri sebagai penerbitan majalah Intisari. Seiring berjalan dan berkembangnya waktu, Kompas Gramedia yang memiliki visi kuat yakni untuk membangun media yang independen dan berkualitas ini, berhasil menjadi salah satu perusahaan media terbesar di Indonesia dengan Kompas Gramedia yang pada saat ini bergerak di berbagai sektor yakni meliputi media cetak, media elektronik, penerbitan, toko buku, perhotelan, Pendidikan, serta Event Organizer (EO). Kompas Gramedia memiliki manajemen yang tepat dan baik didalamnya, sehingga dapat menjadikan perusahaan ini menjadi salah satu perusahaan media raksasa, namun bagaimana manajemen yang dilakukan Kompas Gramedia didalamnya, mari kita bahas sekilas.
berdasarkan informasi yang didapat dari website resmi Kompas Gramedia yakni kompasgramedia.com dan berbagai artikel jurnal, dapat dilihat bahwa Kompas Gramedia memiliki struktur organisasi yang kompleks namun efisien. Secara garis besar struktur organisasi terbagi dalam dua bagian utama yakni Functional Unit (FU) atau Supporting Unit (SU) serta Business Unit (BU). Functional Unit atau Supporting Unit bergerak dalam mendukung kegiatan operasional perusahaan seperti HR, IT, keuangan, serta secretariat. Unit ini memiliki kewajiban untuk memastikan roda-roda perusahaan (fondasi) tetap berjalan secara keseluruhan. Selanjutnya terdapat Business Unit. Unit ini memiliki kewajiban atau tugas utama sebagai penghasil produk serta layanan dan dalam unit ini terdapat berbgai sektor yang berbeda-beda yakni meliputi kelompok media cetak, kelompok televisi, kelompok radio, kelompok digital, toko buku, serta penerbitan buku. Adanya struktur organisasi yang dimiliki Kompas Gramedia tersebut memiliki banyak keunggulan dan keefektivan yakni dapat dilihat dari sisi tingginya fleksibilitas, yakni adanya struktur yang modular dapat memberikan kelebihan bagi Kompas Gramedia dalam mengikuti adanya adaptasi yang cepat dari perubahan pasar dan teknologi yang pesat. Adanya struktur yang tepat dan jelas disetiap bidang juga dapat memberikan kelebihan yakni adanya spesialisasi yang dimana setiap divisi akan dapat memiliki fokus yang jelas sehingga efisiensi dan kualitas produk dapat meningkat.
Kompas Gramedia juga tergolong dalam media korporasi yang dimana Kompas Gramedia juga merupakan perusahaan media yang salah satu dari tujuan utamannya yakni adalah tujuan profit. Kompas Gramedia sendiri juga memiliki kejelian yakni dalam mengakomodasi konten-kontennya dalam konten lokal, nasional, dan maupun internasional. Konten lokal yang dimiliki Kompas Gramedia sendiri memiliki fokus pada pemberitaan daerah, juga hal ini memberikan peluang dalam menjangkau audiens yang lebih luas serta informasi yang relevan bagi masyarakat setempat. Selanjutnya terdapat konten nasional, yakni merupakan fokus utama bagi media-media besar milik Kompas Gramedia, Kompas Gramedia juga berkerja sama dan memiliki jaringan wartawan yang luas dari berbagai daerah di Indonesia untuk keperluan meliput peristiwa-peristiwa penting. Kompas Gramedia juga menyediakan berita internasional, yakni Kompas Gramedia yang berkeja sama dengan berbagai media-media asing seperti National Geographic, Walt Disney, Reuters, dan masih banyak lagi dan hal ini memberikan audiens pilihan berita yang lebih beragam dan bervariasi dari perbincangan hangat diseputar dunia.
Kompas Gramedia, dengan segala kesuksesan berdasarkan profit yang didapatkan, jika dianilisis lebih dalam kita dapat melihat beberapa strategi yang terdapat dalam Kompas Gramedia. Pertama yakni terdapay diversifikasi produk yang dilakukan oleh Kompas Gramedia, yakni Kompas Gramedia menawarkan kepada konsumen berbagai produk media yang beragam mulai dari media cetak hingga media digital dari berbagai anak perusahaan yang dimiliki oleh Kompas Gramedia yang sehingga hal ini dapat memenuhi kebutuhan dari berbagai audiens yang beragam. Kompas Gramedia juga melakukan kolaborasi yakni dengan melakukan kerja sama dengan berbagai media-media dari berbagai pihak, entah luar negeri maupun lokal dengan tujuan yaitu untuk memperkaya konten yang akan dimiliki oleh Kompas Gramedia.
Dengan berbagai manajemen dan strategi yang baik, benar, dan tepat yang dimiliki oleh Kompas Gramedia, hal itu membuktikan bahwa terdapat hasil yang dapat dilhat yakni Kompas Gramedia saat ini menjadi salah satu perushaan media terbesar di Indonesia dan masih dapat mempertahankan posisi dari kekuasaannya pada jajaran perusahaan-perusahaan media terbesar hingga saat ini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H