Mohon tunggu...
Rawi Wahyudiono
Rawi Wahyudiono Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lebih dari 25 tahun pengalaman di dunia Information Technology
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Hobby travelling, bertualang, bermusik sambil jualan server (HP, Dell, IBM), ERP Odoo, Storage, Networking, system mesin antrian http://rawiwahyudiono.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Money

Salah satu contoh kasus di era Netizen

1 November 2010   07:18 Diperbarui: 26 Juni 2015   11:56 296
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Spectroline dan overlay ini yang mengalami keterlambatan pengiriman kepada konsumen

Hari ini dari tim ekspedisi kami melakukan kesalahan keterlambatan pengiriman barang ke surabaya padahal konsumen sudah membayar penuh sekalian dengan ongkos kirimnya. Setelah kita evaluasi dan mengetahui kejadian yang sesungguhnya lalu dari kami menghubungi lewat telpon ke konsumen untuk mengabarkan keterlambatan ini sambil kita berikan beberapa kompensasi seperti

  1. Pembebasan ongkos kirim
  2. Pengembalian sejumlah uang kepada konsumen dalam jumlah yang cukup signifikan

Dalam percakapan antara kami dengan konsumen ternyata berlangsung secara hangat walaupun ada sedikit rasa kecewa dari mereka tetapi secara keseluruhan akhirnya semua bisa berjalan dengan lancar. Ternyata apa yang saya lakukan ini adalah termasuk salah satu cara untuk menghadapi persaingan di era Netizen seperti yang saya dapatkan ilmunya sewaktu seminar bersama begawan marketing bp Hermawan Kartajaya. Di era netizen ini, konsumen sekarang bebas “berkicau” di mana-mana lewat semua media seperti twitter, FB, email, blog dan yang lainnya. Jika di era “masa lalu” respon yang kita lakukan hanya akan berimbas kepada konsumen  sendiri dan ber-efek kepada yang lain dalam waktu yang lama karena keterbatasan media penyalurannya tetapi saat ini hal itu sangat berbeda, sekarang jika kita melakukan sesuatu perbuatan maka saat itu juga perbuatan kita bisa tersebar ke seluruh penjuru dunia tanpa melalui sensor. Jadi perusahaan saat ini harus transparan dan memposisikan diri sebagai partner kepada konsumen, sudah bukan saatnya lagi bahwa pimpinan perusahaan adalah bos kita atau konsumen adalah raja tetapi yang ada adalah kesetaraan. Apakah konsumen akan puas dengan kita setelah kita melakukan hal ini…?? tidak ada yang tahu sebelum konsumen “berkicau” di dunia maya, banyak-banyaklah berdoa dan melakukan kebajikan maka hal itu akan berimbas kepada diri kita sendiri. Salam sukses dunia akherat,

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun