Mohon tunggu...
Rawi Wahyudiono
Rawi Wahyudiono Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lebih dari 25 tahun pengalaman di dunia Information Technology
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Hobby travelling, bertualang, bermusik sambil jualan server (HP, Dell, IBM), ERP Odoo, Storage, Networking, system mesin antrian http://rawiwahyudiono.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Money

Strategi eLogs Ekspres Gandeng Lion Parcel Memenuhi Kebutuhan Pebisnis

29 Maret 2021   14:11 Diperbarui: 29 Maret 2021   15:40 229
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Menjawab semakin maraknya pengiriman barang akibat efek semakin ramainya bisnis online maka salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan konsumen adalah dengan cara berkolaborasi antar ekspedisi

Jasa kurir eLogs Ekspres yang berfokus kepada pengiriman domestik yang sudah berpengalaman di bidang ekspedisi, menggandeng salah satu ekspedisi Lion Parcel untuk memenuhi kebutuhan konsumen

Berdasarkan hasil survey yang di adakan oleh BPS, menunjukkan banyak pelaku usaha ECommerce merupakan usaha E-Commerce non-formal, dengan ciri-ciri sebagai berikut :
- Mayoritas menggunakan pesan instan dan media sosial sebagai media penjualan
- Pendapatan total maupun E-Commerce dibawah 300 juta rupiah
- Metode pembayaran yang paling sering digunakan adalah Cash On Delivery (COD) atau pembayaran secara tunai
- Pengiriman langsung sebagai metode pengiriman yang paling sering digunakan.
- Sebanyak 4,68 persen usaha E-Commerce melakukan ekspor. Dari seluruh usaha E-Commerce yang melakukan ekspor, sebanyak 54,01 persennya adalah usaha di Sektor Perdagangan Besar dan Eceran, Reparasi dan Perawatan Mobil dan Sepeda Motor

foto koleksi pribadi elogs ekspres
foto koleksi pribadi elogs ekspres

- Diantara banyak media penjualan, Pesan Instan merupakan yang paling banyak digunakan oleh usaha E-Commerce (90,56 persen usaha).
- Makanan, Minuman, dan Bahan Makanan; Fashion; dan Kosmetik, merupakan tiga kelompok barang terbanyak yang terjual melalui transaksi E-Commerce.
- Metode pembayaran tunai (COD) dipilih oleh 73,04 persen usaha E-Commerce, dan merupakan metode terbanyak yang dipilih diantara metode pembayaran lainnya.
- 52,81 persen usaha E-Commerce memilih pengiriman langsung ke pembeli sebagai metode pengiriman yang paling sering digunakan

"Semoga dengan kolaborasi antara sesama jasa ekspedisi maka kebutuhan konsumen untuk mendapatkan pelayanan terbaik bisa terwujud", kata Kristiawan selaku pimpinan eLogs Ekspres

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun