Mohon tunggu...
Ravi Pratama
Ravi Pratama Mohon Tunggu... Freelancer - Allah

Mahasiswa ilmu komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sicepat Express dengan Strategi Komunikasi yang Berhasil

15 Juli 2021   10:10 Diperbarui: 15 Juli 2021   10:19 1133
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di era zaman modern seperti sekarang ini, teknologi berkembang sangat pesat. Kebutuhan manusia milenial membuat perusahaan perusahaan besar di bidang jasa mulai berlomba-lomba untuk menciptakan layanan-layanan untuk mempermudah mencapai kebutuhan masyarakat. Layanan jasa di bidang ekspedisi pengiriman barang contohnya yang sekarang banyak digunakan oleh masyarakat untuk mengirimkan barang untuk berbelanja di e-commerce. Tentunya para konsumen yang akan berbelanja di e-commerce akan memilih ekspedisi yang murah dan cepat sampai dalam hal pengiriman barang tersebut.

Di Indonesia, sudah banyak layanan jasa ekspedisi yang besar dan terkenal di kalangan masyarakat, contohnya seperti Sicepat express, JNT, JNE, Ninja express dan berbagai macam jenis layanan ekspedisi lainnya. Layanan jasa ekspedisi pengiriman barang tersebut memilki cara masing-masing untuk menarik para konsumen supaya memakai jasa pengiriman mereka, seperti menggunakan media sosial untuk komunikasi dengan konsumen melalui gambar atau Visual.

Salah satu ekspedisi pengiriman barang yang ada di Indonesia yaitu Sicepat express. Sicepat merupakan ekspedisi yang bergerak di layanan jasa pengiriman barang, dimana Sicepat express ini berdiri sejak tahun 2004 dan memulai layanan ekspedisi pada tahun 2014 dan bermarkas di Jakarta. Sicepat express memiliki target segmen pasar toko online, karena pangsa pasar sekarang justru banyak berkembang ke e-commerce, maka dari itu Sicepat membuka layanan khusus untuk pengiriman barang toko online. Jasa ekspedisi Sicepat memiliki area kegiatan pengiriman melalui transportasi udara dan darat serta Sicepat express juga mengklaim barang yang dikirimkan menggunakan jasa mereka akan sampai hanya dengan kurun waktu 15 jam untuk wilayah Jabodetabek dan Bandung, serta hanya butuh waktu 1 hari untuk sampai ke kota kota besar di seluruh wilayah Indonesia. Kini pun outlet mereka sudah tersebar di seluruh kota di Indonesia.

Sicepat Official
Sicepat Official
Salah satu media promosi yang dilakukan oleh sicepat yaitu dengan menggunakan media sosial Instagram sebagai bentuk komunikasi yang dimuat  ke bentuk audio maupun visual yang bisa di lihat oleh konsumen. Berbagai macam layanan yang di berikan olah Sicepat express kepada mitra bisnis mereka, supaya mempermudah mitra bisnis mereka untuk memilih penggunaan layanan seperti apa yang akan digunakan untuk pengiriman barang. Salah satu contoh layanan mereka terhadap para konsumen yaitu terlihat pada gambar yang ditampilkan di atas, dimana gambar tersebut mengartikan bahwa Sicepat express memberikan layanan Same Day Service atau pengiriman barang di hari yang sama dan untuk wilayah Jabodetabek dan Bandung, barang akan sampai dalam kurun waktu 15 jam dan 1 hari untuk pengiriman ke luar kota, cukup hanya membayar biaya pengiriman sebesar 15 ribu rupiah konsumen bisa mengirimkan barang maksimal sampai dengan 5 Kilogram. Layanan Same Day Service ini, hadir di kota Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Solo dan Semarang.

Yang menarik dari Sicepat express, mereka berani untuk menggandeng selebritis terkenal untuk mempromosikan layanan jasa mereka seperti contohnya Raffi Ahmad, Baim Wong dan juga Dedy Corbuzier. Dimana selebritis tersebut merupakan nama-nama yang cukup banyak di kenal oleh masyarakat dan memiliki jutaan followers di media sosial seperti Instagram dan juga Youtube. Tentunya dengan menggandeng nama-nama tersebut Sicepat express bisa dengan cepat mempromosikan produk layanan jasa mereka melalui unggahan unggahan selebritis terkenal tersebut di media sosial maupun tayangan melalui youtube channel mereka yang memiliki jutaan followers.

Komunikasi yang mereka lakukan kepada konsumen melalui visual yang di tampilkan terbilang cukup berhasil karena mereka berani menggandeng selebritis terkenal tersebut yang sedikit banyaknya memberi pengaruh untuk bisa dilihat oleh followers melalui unggahan mereka di media sosial. Tidak heran sekarang sicepat merupakan ekspedisi yang masuk ke dalam lima besar perusahaan ekspedisi di Indonesia hanya dalam tempo waktu tiga tahun beroperasi karena mereka bisa melihat pangsa pasar yang tengah di minati oleh masyarakat Indonesia yang gemar berbelanja melalui online shop dan e-commerce, sehingga fokus mereka hanya untuk pengiriman barang bagi toko online.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun