Guru Penggerak Bergerak, Tergerak, Menggerakkan
Koneksi antarmateri Modul 1.1 dan Modul 1.2 menggunakan model refleksi 4p yaitu peristiwa, perasaan, pembelajaran, dan penerapan ke depan.
Peristiwa
Momen yang paling penting / menantang bagi saya setelah mempelajari modul 1.1 adalah saya memahami bahwa pembelajaran yang sebenarnya adalah berpihak kepada murid, guru menuntun tumbuhnya kodrat yang ada pada diri setiap anak.
Mendidik bukan hanya sekedar menyampaikan materi saja namun juga menumbuhkan budi pekerti pada diri anak.
Momen yang paling penting / menantang bagi saya setelah mempelajari modul 1.2 adalah bahwa guru penggerak itu tergerak untuk belajar, bergerak untuk mengimplementasikan nilai yang dipelajari kepada diri sendiri, menggerakkan berarti mengimplementasikan apa yang dipelajari kepada orang lain.Â
Kaitan antara modul 1.1 dan 1.2 adalah filosofi pendidikan KHD Dewantara mengajarkan bahwa pendidikan bersifat menuntun. Guru sebagai pemimpin pembelajaran yang berpihak kepada murid.
Perasaan
Saat momen terjadi saya merasa lebih tergerak untuk belajar tentang nilai dan guru penggerak dan mengimplementasikan pada diri sendiri untuk mewujudkan siswa dengan karakter pelajar pancasila.
Pembelajaran
Sebelum momen itu terjadi, saya berpikir bahwa murid adalah objek pembelajaran. Guru hanya bertugas mentransfer materi pelajaran.