Mohon tunggu...
Raudhah Awal
Raudhah Awal Mohon Tunggu... Dosen - Dosen di Universitas Lancang Kuning

Bidang pendidikan Biologi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Meningkatkan Kolaborasi Siswa

20 Agustus 2024   15:16 Diperbarui: 20 Agustus 2024   15:18 205
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bangkinang-- Guru SMKN 1 Bangkinang telah menerapkan metode Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) untuk meningkatkan kolaborasi siswa dalam pembelajaran teknik mesin bubut. Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Roby Hendra dan tim dari Universitas Lancang Kuning menunjukkan hasil positif dari metode ini dalam mengembangkan keterampilan kerja sama siswa.

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus pertama, persentase kerjasama siswa diukur mencapai 71,58%. Setelah implementasi PjBL yang diperbarui, persentase ini meningkat menjadi 78,93% pada siklus kedua, menunjukkan perbaikan signifikan dalam kolaborasi tim.

PjBL, yang melibatkan siswa dalam proyek nyata, terbukti mendorong mereka untuk bekerja lebih baik dalam kelompok. Metode ini tidak hanya memperbaiki keterampilan teknis siswa tetapi juga meningkatkan kemampuan mereka dalam komunikasi dan koordinasi. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa menjadi lebih aktif dan efektif dalam bekerja sama.

Wawancara dengan siswa menunjukkan bahwa mereka merasa lebih puas dan termotivasi dengan metode PjBL. Banyak siswa melaporkan bahwa kerja kelompok menjadi lebih menyenangkan dan hasil pekerjaan lebih baik. Mereka juga merasa lebih terlibat dalam proses belajar dan lebih siap menghadapi tantangan yang diberikan.

Guru di SMKN 1 Bangkinang juga memberikan umpan balik positif mengenai metode ini. Mereka mencatat peningkatan dalam kepatuhan siswa terhadap instruksi dan kualitas komunikasi antar anggota kelompok. Menurut mereka, PjBL menyediakan platform yang baik bagi siswa untuk mempraktikkan keterampilan sosial yang penting.

Penelitian ini menegaskan bahwa PjBL dapat menjadi metode efektif untuk meningkatkan kolaborasi siswa, terutama dalam konteks pembelajaran teknik. Dengan melibatkan siswa dalam proyek nyata, mereka belajar bagaimana berbagi tanggung jawab dan bekerja sama dengan lebih baik.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi lembaga pendidikan lain untuk menerapkan PjBL dalam kurikulum mereka. Metode ini menawarkan pendekatan yang praktis dan berorientasi pada keterampilan kolaboratif yang dapat diterapkan di berbagai mata pelajaran.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai penelitian ini, Anda dapat menghubungi Roby Hendra dan tim melalui email di robbyhendra2510@gmail.com, yelmindra1980@gmail.com, turahyati1969@gmail.com, atau marwa@unilak.ac.id.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun